Kamis, Februari 05, 2009

11 Ebook Gratis untuk Blogger Pemula

Pada awalnya blog adalah salah-satu media Internet yang diperuntukkan untuk siapa saja yang ingin curhat secara online (simple-nya blog layaknya sebuah buku diary seseorang - yang dengan bebas dan gratis dalam pembuatannya juga bebas dalam menentukan / memilih oleh siapa saja curhat-nya tersebut dapat dibaca).

Tapi, seiring perkembangan dunia Internet (terutama dengan munculnya situs-situs affiliate, Situs Pay Per Click dan lain sebagainya), maka sekarang Blog bukan saja berfungsi sebagi diary seseorang, tapi sebuah blog telah menjelma sebagai media yang lebih serius (dalam hal content blog tersebut) baik untuk keperluan non profit atau bahkan sebuah blog dibuat sebagai sarana untuk meraup dollar gratis lewat Internet.

Terlepas dari itu semua (baik yang commersial pun hanya sekedar hobby), agar sebuah blog mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung, maka sudah selayaknya jika kita (terutama blogger pemula seperti saya) mengetahui bagaimana cara mengelola blog dengan baik, efektif dan efisien.

Nah, berikut ini saya coba rangkum 11 Ebook Gratis untuk Blogger Pemula yang saya temukan dari sebuah situs Indonesia (lihat akhir postingan ini).

Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi Blogger Pemula seperti saya.


1. Panduan Dasar Wordpress Sesuai dengan judulnya ebook ini berisi dasar-dasar penggunaan wordpress. Ada banyak topik yang dibahas, mulai dari mengubah setting wordpress, memposting artikel, menggunakan widget, dsb.

Sumber: http://blog.rosihanari.net/free-e-book-wordpress-tutorial/ Link Download: PanduanDasarWordpress.zip


2. Tutorial Wordpress Ebook ini berisi tutorial tentang pembuatan blog di wordpress.com

Sumber: http://ustadz.net/buku-tutorial-bikin-blog-di-wordpress-gratis.htm Link Download: tutorial-wordpress.pdf


3. Kamus Istilah Blogger (Extended Edition) Ebook ini akan menjelaskan istilah-istilah seputar blogging.

Sumber: http://www.blogguebo.com/2008/08/e-book-kamus-istilah-blogger-extended.html Link Download: EbookKamusIstilahBlogger.pdf


4. Wawancara Eksklusif Bersama Blogger-Blogger Sukses Ebook ini berisi wawancara dengan delapan blogger profesional dari luar negri dan Indonesia.

Sumber: http://www.blogguebo.com/2008/07/e-book-gratis-wawancara-eksklusif.html Link Download: EbookSeriWawancaraEksklusif.pdf


5. Total Guide : Build a Wordpress Sites Walaupun judul ebook ini dalam bahasa inggris, namun isinya 100% bahasa indonesia. Ebook ini membahas cara menginstall wordpress, mulai dari download wordpress terbaru, mendaftar hosting gratisan yang support php dan mysql, install wordpress, dsb.

Sumber: http://neo.rizkhey.net/?page_id=1553 Link Download: Total_Guide_Wordpress.pdf


6. Cara Mengupload Wordpress ke Website Topik yang dibahas dalam ebook ini hampir sama dengan ebook di atas, yaitu menggunakan wordpress dengan hosting sendiri (bukan di wordpress.com).

Sumber: http://gideon-stat07.web.ugm.ac.id/?p=9 Link Download: cara-uplod-web.pdf


7. Google AdSense Success Story Ebook ini menceritakan kisah sukses blogger Indonesia dalam mendapatkan penghasilan dari internet.

Sumber: http://www.cosaaranda.com/ Link Download: adsense_success_story.zip


8. Profit Blueprint (versi Bahasa Indonesia) Ebook ini mengupas kisah sukses Yaro Starak pemilik blog entrepreneurs-journey.com.

Sumber: http://blog.firdaus.info/2007/11/03/blog-profit-blueprint-bahasa-indonesia-sudah-selesai-dan-telah-dipublikasikan/ Link Download: http://www.lulu.com/content/1333105


9. Step By Step Blogspot Custom Domain Ebook ini membahasa tentang blogging dengan blogspot tapi dengan menggunakan nama domain sendiri.

Sumber: http://www.o-om.com/2008/05/ebook-step-by-step-blogspot-custom.html Link Download: http://www.ziddu.com/downloadfile.php?uid=bbOilJmraa6dnOKnZKqhkZSqYayfnJas4


10. Kiat Sukses Promosi Blog Setelah Anda mempunyai blog, langkah berikutnya adalah mendapatkan pengunjung. Nah ebook ini akan membahas bagaimana caranya meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda.

Sumber: http://www.o-om.com/2008/05/e-book-kiat-sukses-promosi-blog.html Link Download: http://www.ziddu.com/download.php?uid=Z6%2Bbm5WrZqufluKnYaqhkZSqXqudmZ2m1


11. Kumpulan ebook/Artikel lengkap tentang multiply Cara membuat dan mengelola Blog Multiply : http://caturhp.multiply.com/journal/item/112

Cara membuat theme sendiri : http://panduan.multiply.com/journal/item/58

Cara promosi multiply : Link Download http://www.ziddu.com/download/2851236/ebook_multipy.pdf.html


Sumber : http://www.klik-kanan.com

7 Komentar:

Anonim mengatakan...

Wuih yang pertama. . . :: huebat nieh ya ebookx. . Mau download ahh. . .

Anonim mengatakan...

Kalo ada yang baru-baru kasih tw aq yapz.

RUMAH PUISI PENUH CINTA mengatakan...

maci banyak sunggguh-sungguh bermanfaat bwt kita pemula...
salam kenal ya

Tienslife-Terapi mengatakan...

makasih banget. saya baru di blog, belum banyak posting yang saya buat. tapi saya punya konsep. teman-teman boleh liat blog saya di http://tienslife-terapi.blogspot.com
saya pengen banyak tau dan bisa beraksi di blog. Trims artikel dan ebooksnya.

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak atas postingannya

AR mengatakan...

File not found!!!

Abdi mengatakan...

thanks ya..

Posting Komentar

Kritik, Saran dan Komentar sahabat semua, sangat kami harapkan dan Komentar yang tidak ada hubungannya dengan topik akan dihapus. Terimakasih.