Sabtu, April 11, 2009

Tips Mengurangi Rasa Takut dalam Kehidupan Sosial & Karir

Disaat kita menghadapi masalah sulit, kita tinggal didalam "lumpur" sehingga kita perlu mengambil tindakan untuk "bangun". Harapan adalah suatu awal. Akan tetapi, harapan memerlukan tindakan untuk mendapatkan kemenangan.

Ada pepatah yang bilang : "Tindakan Mengalahkan Ketakutan", Walau tidak seratus persen benar keberadaannya, namun marilah kita ambil segi positifnya saja. So... Kurangi rasa takut sahabat. Lalu ambil tindakan yang tepat.

Dibawah ini adalah beberapa dari contoh ketakutan, dan beberapa tindakan yang semoga dapat "mengobatinya". Amin.

  1. Rasa malu karena penampilan pribadi. Perbaiki penampilan sahabat. Pergilah ke tukang jahit yang bagus, Pakaian sahabat harus bersih dan disetrika. Rapikan rambut sahabat. Tidak selalu perlu pakaian mahal untuk memperbaiki penampilan sahabat.

  2. Takut Kehilangan Pelanggan yang Penting. Bekerja dua kali lebih keras untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Perbaiki segalanya yang mungkin menyebabkan pelanggan kehilangan kepercayaan kepada sahabat.

  3. Takut Gagal dalam Ujian. Ubah kekhawatiran menjadi waktu belajar.

  4. Takut segalanya menjadi di luar kendali sahabat sepenuhnya. Alihkan perhatian pada sesuatu yang sama sekali berbeda. Pergilah ke kebun dan cabuti rumput. Bermainlah dengan anak-anak anda. Pergilah ke Bioskop atau ke tempat rekreasi. Bersyukurlah bagi sahabat yang beragama Islam, sangat dianjurkan untuk membaca Ayat Suci Al-Qur'an (karena membaca ayat Al-Qur'an yang disertai rasa khusu, khidmat dan Ikhlas serta menghayati isi kandungan ayat yang dibaca, maka akan mampu membuat hati kita menjadi Tentram) begitulah kira-kira yang pernah saya dengar dari Guru Ngaji saya sewaktu SMP.

  5. Takut terluka secara fisik oleh sesuatu yang tidak dapat sahabat kendalikan, seperti Tsunami, Angin Kencang (P. Beliung), Pesawat Terbang yang lepas kendali, dll. Ubah perhatian sahabat untuk membantu meredakan ketakutan yang pernah dialami orang lain. Berdo'alah.........

  6. Takut akan apa yang mungkin orang lain pikir atau katakan. Pastikan bahwa apa yang sahabat rencanakan untuk dilakukan sudah benar, Lalu kerjakan. Tak seorangpun pernah mengerjakan apa saja yang berharga tanpa mendapat kritik.

  7. Takut membuat Investasi atau membeli rumah. Analisis semua faktor terkait, kemudian ambil keputusan, dan bertahanlah dengan keputusan itu. Percayai penilaian diri sendiri.

  8. Takut kepada orang banyak. Tempatkan mereka pada perspektif yang semestinya. Ingat.. !!!!, orang lain juga manusia biasa, yang mirip sekali dengan anda.

Akhirnya, perihal "Rasa Takut yang kerap menghampiri kita", marilah kita kembalikan semuanya kepada Allah SWT (tentunya, setelah segala upaya & usaha/ikhtiar telah dan terus dilakukan). Karena sesungguhnya Rasa takut tersebut ada yang datang dari Allah untuk meng-Uji Kadar Keimanan kita. Sebagaimana Firman Allah dalam Al-Qur'an : Q.S. Al Baqarah ayat 155. Yang artinya : "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar".

Sekian dulu postingan dari saya, walau singkat dan sederhana ; semoga dapat menambah pembendaharaan kita semua dalam upaya meningkatkan kwalitas "Social Engineering System" pribadi kita masing-masing.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya, sekarang saya mau mengerjakan aktifitas lain. Bagi-bagi waktu OX....

1 Komentar:

artikelceritagratis mengatakan...

benar rasa takut itu harus dihilangkan dengan doa dan tawakal kepada-Nya

Poskan Komentar

Kritik, Saran dan Komentar sahabat semua, sangat kami harapkan dan Komentar yang tidak ada hubungannya dengan topik akan dihapus. Terimakasih.