Jumat, Oktober 30, 2009

Page1 Kamus Istilah Komputer dan Informatika

Kamus Istilah Komputer dan Informatika
By : Andino Maseleno

Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com

A | B | C | Halaman selanjutnya ==>>>

A
Abend (Abnormal end)
Penghentian sebuah program atau proses yang tidak normal diakibatkan oleh terjadinya kesalahan input data oleh user atau crash program.

ABI (Application Binary Interface)
Pemafaran spesifikasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan.

AbiWord
Aplikasi GNOME Office untuk mengolah kata (word processing). AbiWord tergolong dalam salah satu perangkat lunak open source yang dilisensi dengan GNU GPL (General Public License). Karena bisa digunakan sebebas-bebasnya termasuk juga melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.

Abort
Perintah untuk membatalkan jalannya suatu program secara paksa dan mengembalikan ke sistem operasi.

Access
Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive.

Accessibillity
Cara men-set tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi Windows.

Access Method
Perangkat lunak yang mengontrol pemindahan data antara penyimpan utama dan peralatan input dan output dalam sebuah sistem.

Access Time
Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil atau memasukkan data dari atau ke memori.

Accessories
Pada sistem operasi Windows, accessories adalah program-program tambahan, misalnya Calculator, Notepad, Wordpad, Paint, dll.

Accumulator
Bagian dari arithmetic unit sebuah komputer untuk menyimpan hasil dari perhitungan sementara atau beberapa operasi lain.

Acknowledge
Tanda dari terminal penerima bahwa pengiriman pesan telah sampai tanpa ada kesalahan. Acknowledge berasal dari kata Acknowledgement.

Accoustic Coupler
Alat sejenis modem sederhana untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal biner menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon, sinyal akustik dari speaker telepon akan diubah menjadi sinyal digital.

ACL (Access Control Unit)
Metode untuk membatasi penggunaan layanan secara selektif yaitu dengan membuat daftar layanan mana yang boleh diakses maupun yang tidak oleh host tertentu.

ACPI (Advanced Configuration Power Interface)
Sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi. ACPI ini adalah interface dan ditujukan untuk perangkat lunak dan perangkat keras. Sistem operasi yang mampu melakukan konfigurasi dan power management terhadap sistem, sering disebut dengan Operating System-directed configuration and Power Management (OSPM). ACPI bersama OSPM ini melakukan power management dengan konsep bahwa suatu sistem akan menghemat energi dengan mengubah suatu peralatan yang sedang tidak digunakan oleh sistem ke kondisi yang menggunakan sedikit daya (lowed power state). Konsep ini juga berlaku untuk keseluruhan sistem, membuat keseluruhan sistem berada pada kondisi yang menggunakan sedikit daya (sleeping state). Beberapa sleeping state yang tersedia antara lain :
1 Sleeping State = Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah. Pada S1 sleeping state tidak ada system context yang hilang, tidak pada prosesor maupun chipset.
S2 Sleeping Stat =Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah seperti halnya S1 sleeping state, hanya saja pada S2 sleeping state ini prosesor context dan system cache context menjadi hilang. Sistem operasi yang akan bertanggung jawab mempertahankan context dari prosesor dan cache tersebut.
S3 Sleeping State =Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah juga, namun semua system context kecuali pada memori utama akan hilang. S3 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to RAM.
S4 Sleeping State =Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang tinggi (tertinggi yang didukung oleh ACPI) dan memiliki tingkat penggunaan daya yang paling rendah (terendah yang didukung oleh ACPI). Pada S4 sleeping state ini dianggap semua hardware dimatikan, hanya saja context-nya tetap dipertahankan. S4 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to disk.
S5 Sleeping State =S5 soft off ini memiliki kesamaan dengan S4 sleeping state, hanya saja sistem operasi tidak menyimpan context apapun.

Active Task Button
Tombol perintah yang terletak pada taskbar yang akan muncul jika sebuah perintah harus dieksekusi.

Active
Segala sesuatu yang berhubungan dengan setiap alat atau sistem yang sedang digunakan saat ini.

ActiveX
Lingkungan pemrograman yang dilakukan oleh Microsoft untuk menciptakan sistem yang aktif pada halaman Web, yang juga mendukung Java, JavaScript, Visual Basic dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya yang semuannya itu terbatas dan hanya dapat digunakan pada Internet Explorer.

Adapter
Semacam card atau board, misalnya printer adapter.

ADC (Analog/Digital Converter)
Alat yang dipakai untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Add-in
1. Peralatan tambahan yang dipasangkan pada salah satu board yang tersedia.
2. Program-program pendukung yang ditambahkan pada sebuah program aplikasi.

Address
Angka-angka yang menunjukkan lokasi di dalam memori sebagai tempat tersimpannya informasi.

Adobe PageMaker
Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku, cover untuk majalah, koran, dll. Biasanya dipakai oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, kop surat, dan lain sebagainya.

Adobe Photoshop
Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data gambar dan grafis untuk kebutuhan printing, desain grafis.

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines)
Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video. ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.

Advertiser
Sama artinya dengan Merchant, yaitu pedagang atau perusahaan yang memberikan komisi.

Affiliate Site
Halaman dimana iklan merchant dimasukkan. Kita bisa memasukkan iklan merchant ke sembarang halaman yang ada dalam website, dan letaknya boleh disembarang tempat.

AGP (Accelerated Graphics Port)
Sebuah bus grafik berkecepatan tinggi yang secara langsung menghubungkan kartu grafis dengan memori utama. AGP beroperasi independen dan terpisah dengan PCI bus dan umumnya berjalan pada 66MHz yaitu dua kali kecepatan PCI yang berjalan pada 33MHz. AGP 1x melakukan satu kali transfer per siklus kerja untuk melakukan transfer data maksimum 266 MB per detik. AGP 2x melakukan dua kali transfer data per satu siklus kerja yaitu 533 MB per detik sedangkan AGP 4x melakukan empat kali transfer per satu siklus kerja yaitu 1,06 GB per detik. Sedangkan kecepatan transfer data maksimum pada PCI sendiri adalah 132 MB per detik.

AGPset
Sebuah chipset yang mendukung Accelerated Graphics Port.

AI (Artificial Intelligence)
Ilmu yang mengembangkan komputer supaya dapat bekerja dan berpikir serta mengambil keputusan seperti layaknya manusia.

ALGOL (Algortihmic Oriented Language)
Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan dalam langkah-langkah yang terbatas. Umumnya untuk membuat program-program science.

Aliasing
Suatu efek (Aliasing) yang muncul karena contoh citra atau sinyal dilakukan pada tingkatan yang terlalu rendah. Efek ini menyebabkan area high texture (rapid change) dalam citra terlihat sebagai slow change. Bila aliasing muncul akan sulit untuk mereproduksi contoh citra ke dalam citra asli yang akurat.

Aligment
Dalam jaringan komputer merupakan proses meratakan komponen sebuah sistem terhadap komponen lainnya. Misalnya sinkronisasi waktu komputer dari suatu sistem.

Align
Dari kata alignment, yaitu perintah dalam program pengolah kata untuk meratakan sebuah naskah, apakah rata kiri, kanan, atau tengah.

Allocate
Instruksi untuk meletakkan sebagian memori komputer atau unit lainnya di bawah kontrol program komputer.

Alpha Numeric
Campuran antara karakter dan angka termasuk huruf (A-Z;a-z), tanda baca dan beberapa karakter khusus misalnya @, #, $, *, dan sebagainya.

Alias
Nama kedua sebuah file, umumnya nama kedua lebih pendek dan mudah untuk diingat daripada nama pertama.

ALOHA
Teknik pengawasan akses tingkat menengah untuk media transmisi yang menangani banyak akses. Pengiriman data akan dilakukan kapan saja oleh sebuah stasiun. Pengiriman ini akan diulang apabila mendapat tanggapan NAK (terdapat kesalahan pengiriman) dari stasiun tujuan.

Alt Key
Nama tombol pada keyboard yang terletak di sebelah kanan dan kiri tombol spasi. Tombol ini baru berfungsi apabila ditekan bersamaan dengan tombol lain. Dalam lingkungan Windows, tombol ini bersama dengan huruf tertentu dapat digunakan untuk membuka dan memilih perintah pada menu secara cepat.

ALU (Arithmetic and Logical Unit)
Bagian dari CPU yang berguna untuk memproses data secara logika dan juga data-data yang memerlukan perhitungan. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.

AM (Amplitudo Modulation)
Jenis modulasi yang menggunakan amplitudo sinyal analog untuk membedakan keadaan sinyal digital.

AMD760
Chipset AMD760 adalah chipset AMD untuk prosesor Athlon. Chipset ini terdiri dari dua chip yaitu AMD761 sistem bus controller atau yang dikenal sebagai Northbridge dan AMD 766 peripheral bus controller atau Southbridge. Chipset AMD760 memberikan standar baru pada teknologi memori yang lebih bertenaga yaitu memori DDR PC1600 dan DDR PC 2100 yang memungkinkan performa tinggi pada aplikasi multitasking dan multimedia intensif. Chipset AMD760 mendukung sampai FSB26 MHz dan memori DDR 266MHz dan juga AGP 4x.

AMD760MP
Chipset buatan AMD untuk digunakan bersama prosesor Athlon MP. Terdiri dari dua chip yaitu chip AMD762 sistem bus controller (Northbridge) dan AMD766 peripheral bus controller (Southbridge). Chipset AMD760MP menggunakan teknologi memori DDR dan memungkinkan performa maksimal pada teknologi prosesor x86 pada aplikasi multitasking dan multimedia. Chipset AMD760MP ini mampu mendukung dua prosesor Athlon MP, FSB 266 MHz, memori DDR PC2100, dan AGP 4x serta mendukung PCI 33MHz/32-bit dan 64-bit.

AMD761
Chip sistem bus controller yang dikenal juga sebagai Northbridge yang menangani elemen sistem penting yang mempengaruhi performa sistem secara keseluruhan sementara juga mengatasi transfer data ke prosesor. Fitur utama AMD761 sistem controller adalah kemampuan untuk mengontrol prosesor Athlon dengan bus 266MHz, memori DDR 266MHz, AGP 4x, dan bus PCI 33MHz/32-bit.

AMD762
CHIP sistem bus controller yang dikenal juga sebagai Northbridge yang mendukung prosesor AMD Athlon MP, memori DDR PC2100 hingga kapasitas maksimal 4GB, dan kartu grafis AGP 4x. Semua fitur ini didisain untuk memberikan performa tinggi pada server kelas entry-level ataupun workstation dual processor kelas range sampai high-end. AMD762 memiliki fitur yang mendukung FSB 266MHz, didisain untuk memberikan peningkatan transfer data 33 persen bila dibandingkan dengan prosesor AMD Athlon biasa. Selain itu chip ini juga mampu menangani DDR memori yang mendukung Error Correction Control (ECC) serta PCI 33MHz/32-bit dan 64-bit.

AMI BIOS
Sebuah PC BIOS produksi American Megatrends, Inc. AMI BIOS telah banyak digunakan pada PC desktop.

Amorphous
Sifat tidak dapat memantulkan cahaya. Contohnya, sebuah rewritable optical disk yang dikatakan memiliki spot amorphous state berarti sinar laser tidak dapat dipantulkan melalui lensa itu.

Analog
Bentuk dari komunikasi elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik yang kontinu, seperti televisi dan radio.

Analog Sinyal
Gelombang elektromagnetik yang sinambung, memiliki kemampuan untuk dipancarkan melalui bermacam-macam media dan jangkauannya jauh lebih besar daripada sinyal digital.

Analog Computer
Jenis komputer yang mengolah data yang besaran-besarannya dinyatakan dengan variabel fisik dari sinyal analog.

Anchor
Area berupa node-node di antara konten yang merupakan source atau tujuan dari sebuah link. Dengan meng-klik mouse pada anchor area, maka pada window akan terbuka link atau source yang dituju. Jadi anchor area ini merupakan semacam highlight. Anchor area ini juga dikenal sebagai span, region, button, atau extent. Berguna agar text dan graphic dapat di-link pada suatu tempat dalam satu dokumen yang sama. Link ini membutuhkan 2 bagian yaitu : Anchor, yang bertujuan untuk menandai suatu text/grafik. Link, bertujuan untuk mengantar ke tempat yang telah di tandai tadi.

AND
Salah satu operator logika dari Aljabar Boolean untuk membandingkan apakah dua variable akan menghasilkan nilai benar (1) atau salah (0) dengan aturan sebagai berikut :
0 AND 0 - 0
0 AND 1 - 0
1 AND 0 - 0
1 AND 1 - 1

AND Gate
Sirkuit elektronik yang mengerjakan pengolahan data dengan menggunakan operasi AND.

Anonymous FTP
Fasilitas pentransferan file antar situs Internet yang memungkinkan pemakai Internet mengakses file data atau dokumen dari mana saja dalam Internet tanpa harus memasukkan userID dan password.

ANSI (American National Standards Institute)
Lembaga yang menentukan patokan untuk pemrosesan data, memberikan aturan baku dalam menggunakan kode dan bahasa dari suatu bahasa pemrograman.

Answer Back
Kemampuan komputer atau terminal yang dipanggil untuk memberikan identitasnya kepada komputer atau terminal yang memanggilnya.

Anti Aliasing
Suatu teknik yang digunakan untuk menghilangkan efek jaggies pada gambar yang dihasilkan. Dengan menggunakan anti aliasing ini gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih mulus, terutama pada garis-garis yang tidak horizontal ataupun vertikal (diagonal).

Anti Virus
Program yang dibuat khusus untuk mendeteksi file di dalam suatu drive apakah terkena virus atau tidak. Program ini sekaligus menghilangkan virus tersebut.

Amplitudo
Tinggi rendahnya tegangan dari sebuah sinyal analog.

Aperture grill
Terdiri dari banyak kawat vertikal. Pada monitor pixel pada layar fosfor diatur dalam bentuk garis vertikal. Ketika pistol eletron melakukan scan pada satu baris, kawat ini mengisolasi pixel yang difokuskan oleh setiap cahaya. Teknik aperture grill mempunyai dua kelebihan bila dibandingkan teknik shadow masking. Pertama, penggunaan kawat memungkinkan lebih banyak energi yang bisa dilalui dari pistol elektron yang akan menghasilkan gambar yang lebih terang. Kedua, resolusi vertikal berpotensi akan lebih besar.

API (Application Programming Interface)
Program aplikasi yang memberikan layanan yang diperlukan oleh suatu sistem, biasanya layanan khusus untuk aplikasi tersebut.

APL ( ADA Programming Language)
Bahasa pemrograman yang dirancang oleh para teoritikus yang dirancang untuk diterapkan pada terminal jarak jauh.

APPC
Kemampuan sebuah protokol SNA untuk mengadakan komunikasi antara beberapa program dalam jaringan tersebut tanpa menyertakan sistem host pada umumnya.

Append
Perintah dalam aplikasi pengolahan file untuk menambahkan sebuah record baru pada suatu file atau menggabungkan file baru dengan file lama.

Application
Software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, misalnya Ms-Word, Ms-Excel.

Application Layers
Lapisan paling atas dari protokol model OSI (Open System Interconnections). Tugasnya mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan pertukaran data/informasi antara pemakai, software aplikasi maupun peralatan dalam sebuah sistem.

Application Program
Program komputer yang dibuat untuk mengerjakan atau menyelesaikan masalah-masalah khusus, misalnya program penggajian.

Application Interface
Sekumpulan software yang memungkinkan programmer untuk memasuki suatu sistem dan memakai layanan yang disediakan di dalam suatu jaringan.

Application Development Language
Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk membangun sebuah aplikasi dengan cara yang lebih mudah.

Application Package
Paket aplikasi lengkap, terdiri dari program tertentu yang dimasukkan di dalam memori komputernya berikut perangkat keras pendukung yang dibutuhkan (termasuk I/O device).

Application Oriented Language
Bahasa pemrograman yang secara khusus dikembangkan untuk memiliki kemampuan mengubah masalah pemrosesan kompleks menjadi cara yang lebih simple. Dengan menggunakan bahasa ini, programmer tidak perlu lagi menyusun kode untuk melakukan perhitungan-perhitungan yang sulit.

Arbiter
Unit komputer yang bertugas menentukan prioritas beberapa alat input yang semuanya terhubung ke sebuah unit fungsi penyimpan atau fungsi lainnya.

Arcade
Game di komputer yang sederhana dan berbentuk dua dimensi, misalnya Packman.

Archie
Service network yang digunakan untuk menempatkan file-file yang bisa diakses secara umum melalui FTP anonymous.

Architecture
Rancangan dari penyusunan komponen-komponen di dalam komputer.

Archive
Dipakai untuk membuat salinan dari sebuah file backup dengan tujuan melindungi salinan asli dari kerusakan.

Area
Bagian dalam sebuah memori komputer yang ditentukan oleh hardware atau program untuk menangani data khusus.

Argument
Sebuah nilai yang dimasukkan pada suatu rutin atau perintah sebagai pembatas jangkauan pelaksanaan perintah.

ARP (Address Resolution Protocol)
Protokol Internet yang meletakkan alamat Internet ke alamat perangkat keras pada LAN secara terus menerus.

ARPANET
Jaringan komputer yang dikembangkan dengan bantuan Advanced Research Project Agency, merupakan cikal bakal dari Internet.

Array
Dalam bahasa pemrograman. Array adalah sebuah kumpulan yang terdiri dari data-data obyek dengan atribut yang identik.

Ascending
Urutan data dari yang terkecil hingga yang terbesar, misalnya dari A-Z; dari 0-9.

Ascending Sort
Teknik pengurutan dengan cara menyusun data atau informasi dari nilai terendah ke nilai tertinggi.

ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
Standar huruf dan tanda baca untuk komputer. ASCII merupakan kode berupa karakter 8 bit berbentuk angka 1 dan 0 untuk mewakili karakter-karakter alpha numerik.

ASIC (Application Specific Integrated Circuit)
Sirkuit terpadu dalam sistem komputer yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

ASP (Active Server Pages)
Bahasa program buatan Microsoft yang memadukan server-side scripting dan HTML untuk membuat sebuah halaman web yang dinamis (dynamic pages).

ASP (Application Service Provider)
Suatu usaha yang menawarkan akses berupa penggunaan aplikasi perangkat lunak kepada pengguna individu maupun perkantoran melalui sarana Internet. Pada dasarnya ASP adalah suatu Independent Software Vendor (ISV) atau ISP yang memanfaatkan Internet sebagai sarana penyampaian sehingga program aplikasinya bisa berfungsi.

Assembler
Program yang berfungsi untuk mengkonversi program dengan bahasa Assembly ke dalam bahasa mesin.

Assembly
Proses penerjemahan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman simbol ke dalam bahasa mesin.

Assembly Language
Bahasa pemrograman tingkat rendah yang lebih menyerupai bahasa mesin dalam bentuk yang mudah diingat.

Associative Memory
Teknik pemanggilan data. Data tidak diambil dari memori berdasarkan alamat, namun berdasarkan pola yang ada di dalam data tersebut.

Asynchronous
Metode pengiriman data dengan cara data dikirimkan satu karakter tiap satuan waktu. Sinkronisasi akan dilakukan setiap kali karakter diterima dengan bantuan bit awal dan bit akhir.

Asynchronous Response Mode (ARM)
Salah satu model operasi stasiun sekunder yang didukung oleh BOP (Bit Oriented Protocol). Model ini memungkinkan stasiun sekunder memulai transmisi lebih dahulu tanpa menunggu perintah dari stasiun primer.

AT (Advance Technology)
Jenis komputer yang dikeluarkan perusahaan IBM setelah model XT. Kecepatan AT lebih tinggi daripada XT.

ATA (Advanced Technology Attachment)
Interface standar untuk hardisk dan menggunakan kabel konektor 40-pin. Macam-macam ATA adalah ATA-2, ATA-3, Ultra-ATA, ATA/66, ATA/100 dan yang paling baru ATA/133.

ATCON
Alat yang dipakai dalam lingkungan Novell Netware. Alat ini akan menyediakan informasi tentang stack router Appletalk dan informasi mengenai jaringan Appletalk di Internet.

ATM (Asynchronous Transfer Mode)
Sebuah pengembangan teknologi lanjutan di bidang telekomunikasi, yang menggunakan saklar secara perangkat keras untuk membuat saluran langsung sementara antara dua tujuan, hingga data dapat pindah di kecepatan tinggi. Data dibawa dalam suatu unit dengan panjang tertentu yang disebut cell (1 cell = 53 octet).

ATS (Administrative Terminal System)
Sistem yang dikembangkan untuk mempermudah orang yang mengetik untuk menyalin teks. ATS dikembangkan oleh IBM Corp.

Attachment
Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

Attach
Perintah untuk melacak dan memasukkan program ke dalam memori. Pada jaringan komputer berarti perintah untuk memasuki server dalam suatu jaringan.

Attributes
Data yang memuat informasi tentang suatu variabel atau file. Pada jaringan komputer berarti teknik menjelaskan akses dan property file atau direktori dalam sistem penyimpanan.

Audit Trail
Konsep pemeriksaan bertahap dengan cara menelusuri kegiatan-kegiatan lalu yang berpengaruh terhadap suatu perkiraan.

Auto Answer
Kemampuan sebuah modem untuk memberikan tanggapan pada suatu hubungan dengan sistem komputer tanpa campur tangan pengguna.

Auto Call
Kemampuan sebuah modem untuk memanggil atau mengadakan sambungan atas perintah komputer.

AutoCAD
Perangkat lunak yang digunakan untuk mendesain gambar teknik, khususnya dalam pembuatan gambar desain arsitektur maupun konstruksi. Perangkat lunak ini merupakan salah satu perangkat lunak teknik yang dikeluarkan oleh Autodesk Inc. Kelebihan dari perangkat lunak ini adalah kemampuan untuk pembuatan konstruksi baik bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.

AutoCAD MAP
Salah satu perangkat lunak Autodesk untuk pemetaan. Kelebihan AutoCAD MAP 2000 adalah dapat melakukan operasi dengan beberapa proyek sekaligus (multiple document interface, MDI) dan pada saat yang sama masih dapat membukan proyek lain dengan sumber data tunggal.

AutoCorrect
Kemampuan program pengolah kata (word processor) untuk mengoreksi kata yang salah ketik dengan kata yang benar namun sebelumnya harus dimasukkan kata-kata tersebut ke dalam daptar yang tersedia.

Auto Dial
Kemampuan sistem komputer untuk langsung memutar nomor telepon tujuan dan modem akan segera bekerja bila telah tersambung.

Autoexec.bat
Autoexec merupakan singkatan dari Automatic Execution, yaitu sebuah file batch yang dibuat untuk menjalankan tugas-tugas tertentu yang diinginkan pengguna secara otomatis saat komputer dihidupkan.

Auto Focus
Suatu alat yang bisa mengatur kamera agar bisa secara otomatis mengatur fokus pada segala sesuatu yang tampak di tengah jendela pembidik, sehingga fotografer tidak perlu mengatur lensa secara manual.

Auto Indexing
Penentuan kata kunci yang dilakukan oleh komputer secara otomatis sebagai indeks masukan sebuah dokumen.

Auto Login
Sebuah fasilitas dalam lingkungan jaringan yang mengatur usaha login seorang pengguna (user).

Autonomous System
Rangkaian sejumlah host dan router di bawah pengawasan seorang authoriti tunggal.

Automatic Programming
Pemrograman secara otomatis untuk mempersiapkan perintah-perintah bahasa mesin dalam penggunaan komputer.

Automatic Programming Tool (APT)
Bahasa komputer yang dipakai untuk mengendalikan peralatan secara numerik.

Automatic Repeat Request (ARQ)
Fasilitas dalam jaringan yang secara otomatis akan meminta kembali pengiriman ulang apabila diketahui ada suatu kesalahan dalam proses transmisi.

Automatic Send and Receive (ASR)
Kemampuan peralatan untuk menerima dan mengirim data tanpa bantuan manusia.

Automatic Stop
Penghentian jalannya program komputer secara otomatis oleh alat pendeteksi karena ditemukannya kesalahan pada proses operasi program tersebut.

Autoplotter
Sebuah mesin yang secara otomatis akan menggambar grafik berdasarkan data yang dimasukkan.

Auto Shapes
Kemampuan program pengolah kata untuk membuat teks secara tiga dimensi, kotak tiga dimensi, kotak teks dan lain-lain.

Auto Text
Kemampuan program pengolah kata untuk memasukkan sebuah kata ke dalam tombol keyboard sehingga sebuah kalimat yang panjang dapat ditulis hanya dengan menekan tombol yang berperan sebagai short cut tersebut.

Auxilliary Memory
Memori tambahan di samping memori utama, misalnya disket.

Available on Disk
Menyatakan banyaknya area di dalam disk yang masih kosong dan siap untuk ditempati data.

Kembali ke Atas

B

B&W (Black and White)
Tampilan suatu obyek dalam warna hitam dan putih saja. Dalam Lotus 123, perintah ini akan mengembalikan grafik berwarna menjadi grafik hitam putih lagi.

Backbone
Jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi di sistem jaringan komputer.

Backbone Network
Sistem sambungan utama dari jaringan terdistribusi dengan struktur hirarki.

Background
Warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang dalam halaman Web.

Back Orifice
Program yang dikembangkan dan dikeluarkan oleh The Cult of the Dead Cow (cDc). Back Orifice merupakan tool remote admnistration, tetapi keberadaannya bisa disalahgunakan untuk hal-hal yang negatif. Jika dimanpaatkan seorang hacker, maka ia bisa mengambil alih kontrol sepenuhnya atas komputer korban. Selain itu, back orifice juga bisa dipakai untuk mencuri data dan e-mail dari komputer korban. Program ini merupakan extensible program yang bisa dirubah dan dikembangkan setiap saat.

Backing Storage
Alat penampung data dalam komputer yang kemampuan simpannya lebih besar daripada penyimpan data utama, namun memiliki kecepatan yang lebih rendah.

Backoff Delay
Lamanya waktu tunggu suatu medium control acces di sebuah terminal dalam jaringan berbentuk CSMA/CD, sebelum melakukan pengiriman kembali sebuah frame setelah terjadinya suatu tumbukan.

Backplane
Sebuah panel dimana sebuah papan sirkuit dalam sebuah peralatan plug dimasukkan; termasuk juga semua kabel yang saling menghubungkan sirkuit.

Backslash
Tombol keyboard bersimbol ‘\’; tombol ini sering dipakai saat bekerja dengan direktori.

Backspace
Tombol keyboard bersimbol ‘??’ yang terletak di atas tombol Enter. Berfungsi untuk menghapus satu karakter sebelum kursor saat ini.

Backup
Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.

Backus Normal Form (BNF) 
Sebuah notasi resmi yang digunakan untuk mendefinisikan syntax dari suatu bahasa komputer.

Backward Supervision
Pengawasan sinyal dalam transmisi data yang dikirimkan dari sebuah terminal pembantu ke terminal induk.

Bad Block Table
Sebuah daftar dalam harddisk yang berisi lokasi block dalam disk yang rusak dan tidak dapat dipakai untuk menyimpan data. Sering pula disebut media detect line.

Balance Error
Kesalahan tegangan yang diakibatkan oleh hasil penjumlahan analog dalam komputer analog dan berbanding lurus dengan kesalahannya.

Balanced Error
Batas toleransi antara kesalahan minimal dan kesalahan maksimal yang dapat diterima. Umumnya bernilai sama atau berlawanan tanda (positif dan negatif), kebanyakan bernilai nol.

Balanced Transmission
Metode transmisi dengan cara mengirimkan sinyal ke dalam bentuk arus listrik yang akan dikirim lewat sebuah konduktor. Sinyal tersebut kemudian akan dikembalikan melalui konduktor yang berbeda.

Bandwith
Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika dituliskan dalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second. Sebagai contoh bila dituliskan dalam bit per second adalah 64 Kbps, yang artinya adalah 64 kilobit per detiknya atau 8 KiloBytes per detiknya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan Internet yang sedang kita gunakan. Catatan 1Bytes = 8 bit

Bang Path
Sekumpulan nama alat-alat yang dipakai untuk mengarahkan e-mail dari pengguna ke pengguna lainnya.

Banner
Bagian yang tidak bergerak dalam dokumen Web sekalipun kita menggulung scrollbar sampai ke akhir dokumen. Sekarang ini hanya Internet Explorer yang mendukung perintah banner.

Bar Code
Karakter numerik yang ditampilkan dalam bentuk balok-balok dengan bermacam-macam ketebalan.

Bar Code Scanner
Alat yang mampu membaca balok-balok bar code ke dalam bentuk alfanumerik.

BASCOM (Basic Compiler)
Program yang menterjemahkan program BASIC berakhiran .BAS menjadi file .EXE yang dapat dieksekusi.

BASE
Dasar dari sistem angka, merupakan jumlah angka yang dapat ditampilkan di dalam suatu sistem. Misalnya dasar dari sistem desimal adalah sepuluh, dasar dari sistem biner adalah dua, dasar dari sistem oktal adalah delapan, dasar dari sistem heksadesimal adalah enambelas, dst.

Base Band
Semacam kanal yang menggunakan jalur komunikasi yang hanya membawa satu sinyal dalam satu waktu. Misalnya penggunaan jalur telepon sebagai sarana pengirim data antar komputer yang terletak saling berjauhan.

Bash (Bourne Againt Shell)
Shell yang digunakan dalam Unix dan klonenya seperti Linux. Bash merupakan shell yang digunakan sebagai default shell oleh RedHat Linux. Hal ini ditandai dengan simbolik link dalam directory sh yang digunakan untuk menjalankan bash shell. http://www.gnu.org/manual/bash-2.02/

BASIC
Bahasa pemrograman yang berjalan di bawah sistem operasi DOS, dirancang untuk digunakan para programmer pemula dari terminal interaktif. Versi BASIC ada bermacam-macam, antara lain BASICA, Turbo Basic dari Borland dan Quick Basic dari Microsoft.

Basic Access Method
Suatu metode pengaksesan di mana setiap pernyataan input maupun output mengakibatkan mesin yang dituju dapat melaksanakan perintah yang dimaksud.

Basic Encoding Rules
Sejumlah aturan baku untuk melewati pengkodean unit data.

Basic Instruction
Perintah dalam program komputer yang diubah secara teratur oleh program untuk memperoleh instruksi yang akan dilaksanakan saat ini.

Basic Linkage
Alat bantu untuk menghubungkan rutin atau program dengan rutin lainnya dan dapat dipergunakan terus menerus dengan aturan yang sama.

Basic Mode
Pengiriman data yang memungkinkan model operasinya tidak menggunakan kontrol karakter ANSI.

Basic Software
Software yang dibuat oleh pabrik pembuat hardware untuk membantu pengolahan data dengan hardware yang bersangkutan.

Batch
Sejumlah record atau data yang digabungkan dan diproses sedemikian rupa menjadi satu kesatuan.

Batch File
Merupakan file-file batch dengan akhiran .BAT yang dapat dipanggil melalui DOS seperti halnya file berekstensi .EXE atau .COM.

Batch Processing
Proses pengolahan data dengan cara menumpuk pekerjaan dan nantinya akan dikerjakan sekaligus. Batch processing merupakan cara terbaik untuk memanfaatkan waktu komputer. Namun untuk mengembangkan program komputer, cara batch sangat tidak efisien.

Batch Total
Jumlah keseluruhan dari suatu besaran dalam sebuah batch. Batch Total digunakan untuk menentukan ketepatan suatu operasi batch.

Baterai CMOS
Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply.

Baud
Satuan kecepatan sinyal digital, yaitu batasan yang digunakan untuk menunjukkan tingkat kecepatan transmisi data. Biasanya dihitung dalam bit per detik.

Baud Rate
Jumlah bit (digit biner) yang bisa dikirim oleh sebuah komputer per detik.

BBS (Bulletin Board Service)
Suatu layanan komputer yang bisa diakses dengan modem, biasanya dikelola oleh suatu perusahaan atau distributor yang menggunakan komunikasi komputer dua arah, untuk merekam data dan fungsi-fungsi atau program-program, untuk keperluan tanya-jawab dan akses informasi serta menerima dan menyebarluaskan pengumuman-pengumuman perusahaan dan sebagainya.

BCC (Block Check Character)
Suatu karakter khusus yang terdapat pada tiap blok yang dibentuk dari bit uji pada proses deteksi kesalahan transmisi dengan teknik LRC.

BCD (Binary Coded Desimal)
Sebuah sistem sandi yang umum digunakan untuk menyatakan angka desimal secara digital.

BCS (Block Check Sequence)
Akhir dari deretan bit isi suatu register geser; digunakan untuk melakukan pengecekan kesalahan pada transmisi data antar komputer.

Beaconing
Suatu kondisi yang timbul saat ditemukan keadaan error. Kondisi tersebut mencegah terjadinya komunikasi sepanjang keadaan error belum diatasi.

Beep
Suara yang muncul melalui speaker komputer, umunya menunjukkan adanya kesalahan dalam program yang sedang berjalan. Beep dapat ditambahkan dalam program yang dibuat dengan menyisipkan kode ASCII 7.

Beep code
Sebuah bentuk simbol yang berfungsi untuk menggambarkan atau mewakili sesuatu. Misalnya kebanyakan komputer menggunakan kode ASCII untuk mewakili karakternya.

Begin
Pernyataan dalam bahasa pemrograman yang digunakan untuk menunjukkan awal dari blok program. Semua variabel atau perintah yang ada dalam blok yang diawali Begin dan ditutup oleh End disebut sebagai variabel atau perintah lokal untuk blok tersebut.

Bell Character
Kode pengontrol yang dipakai untuk memperdengarkan audible bell atau tone sebagai alert atau peringatan kepada user ASCII dan EBCDIC 2F.

Benchmark
Aktivitas pengukuran/pembandingan beberapa macam produk yang memiliki fungsi sama, untuk mengetahui tingkatan-tingkatan kualitasnya. Sebuah program bench mark berjalan pada beberapa komputer yang berbeda dalam urutan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan relatif masing-masing komputer.

Benign Virus
Sebutan bagi virus "main-main". Jenis virus ini tidak menyebabkan kerusakan. Gangguan yang ditimbulkannya berkisar dari munculnya tulisan "Peace on Earth" secara acak pada layar monitor, hingga munculnya suara setiap kali sebuah tombol dipencet.

BER (Bit Error Rate)
Jumlah angka kesalahan dari suatu transmisi data antar dua sistem komputer dalam sebuah jaringan.

Beta
Dalam dunia pemrograman software, Beta adalah tahap akhir penyempurnaan software. Software yang masih berstatus Beta dimungkinkan masih memiliki “bug” di dalamnya.

BGP (Border Gateway Protocol)
Sebuah protokol yang menyediakan informasi sasaran yang dapat dijangkau router untuk berkomunikasi antar autonomous system.

Bidirectional Bus
Sebuah bus yang dapat membawa sinyal dalam dua arah. Bus tersebut juga membawa sinyal khusus yang memberitahu peralatan terkait untuk terhubung ke jalur yang sedang dilewati data.

Bidirectional Printing
Sebutan bagi printer yang dapat mencetak dalam dua arah. Setelah mencetak sebaris dokumen dari kiri ke kanan, beberapa printer menghemat waktu dengan mencetak baris berikutnya dari arah yang sebaliknya, yaitu dari kanan ke kiri.

Big Endian
Teknik pengiriman atau penyimpanan data biner dimana most significant bit-nya lebih dahulu diterima.

Big Yellow
Sebuah Web yang berisi sejumlah besar nama-nama perusahaan lengkap dengan alamat dan nomor telepon. Hampir sama dengan halaman kuning buku telepon.

Binary
Sistem penomoran yang digunakan komputer, hanya terdiri dari dua digit, yaitu 1 dan 0. Hal ini disebabkan sirkuit elektronik yang digunakan komputer hanya memiliki dua status on dan off.

Binary Aritmetic Operation
Operasi aritmatika yang menghitung bit-bit berbentuk biner.

Binary Cell
Bagian dari storage komputer yang dapat menampung satu bit informasi dari dua kemungkinan nilai true/false.

Binary File
File yang berisi sejumlah bit, umumnya tidak dapat dibaca manusia; contohnya file program.

Binary Search
Pencarian secara biner, digunakan ketika sebuah komputer harus mencari posisi sebuah simbol dalam daftar urut. Komputer akan mencari simbol dari tengah daftar sampai data terakhir, dan membandingkannya dengan simbol yang sedang dicari. Apabila simbol tersebut sudah ditemukan, pencarian pada setengah daftar sisanya akan dihentikan.

Binary Synchronous Transmission
Transmisi data dengan sinkronisasi karakter yang dikendalikan oleh tanda waktu dari stasiun pengirim dan stasiun penerima.

Bindery
Database jaringan yang berisi definisi untuk entitas pengguna, group, workgroup, dll.

Binding Time
Waktu pada saat sebuah compiler mengganti sebuah nama simbolis atau alamat simbolis ke dalam bentuk bahasa mesin.

BIOS (Basic Input Output System)
1. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permanen.
2. Program yang digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada komputer.

Bipolar
Mengacu pada transistor biasa atau IC yang bertentangan dengan komponen MOS dan CMOS.

Bipolar Memory
Memori komputer yang memakai IC bipolar sebagai bagian dari memorinya.

BISDN
Layanan pita lebar. Sebagai layanan pita lebar BISDN dapat melayani informasi dengan bit rate konstan maupun bit rate yang selalu berfluktuasi (variable), layanan yang bersifat real-time maupun yang bersifat non real-time serta dapat melayani mode connection oriented ataupun connectionless services. BISDN mengintegrasikan layanan narrowband, seperti telepon, data terminal, telemetri, facsimile, dan teletex dengan layanan broadband, seperti video telephone, videoconference, high speed data transmission, cable television, dll.

BISYNC (Binary Synchronous Comunication)
Protokol komunikasi serial half duplex yang digunakan untuk mentransfer data berkecepatan tinggi antar komputer-komputer besar. Metode yang dipakai adalah menggunakan karakter khusus untuk memisahkan field dalam satu frame data. Protokol ini sangat efisien, fleksibel dan mudah dipelajari.

Bit
Unit terkecil dari informasi. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off.

Bit Density
Jumlah bit yang dapat diletakkan per satuan luas atau volume pada alat penampung data.

Bit Depth
Jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan tiap titik dalam representasi citra grafis. Makin besar jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan suatu titik, semakin banyak warna dan atau bayangan abu-abu yang dapat dibuat.

Bit Diddling
Kadangkala efisiensi penyimpanan dapat lebih ditingkatkan dengan mempaketkan informasi tambahan ke dalam bagian data komputer yang tidak dipakai. Tapi cara ini lebih banyak menimbulkan masalah daripada menguntungkan karena itulah disebut sebagai bit diddling.

Bitmap
Sebuah image grafis yang disusun dari pixel-pixel dan dikonversikan ke dalam bits. Biasa digunakan dalam Microsoft Windows.

BITNET
Jaringan komputer dengan kecepatan dan biaya rendah yang dibuat untuk melayani kebutuhan jaringan di luar batas jaringan ARPANET. Menggunakan protokol store and forward untuk menyediakan layanan e-mail interaktif dan file transfer.

Bit Slice
Sebuah IC yang mengandung kontrol dasar dan sirkuit aritmatika dari sebuah mikroprosessor, tetapi mampu berfungsi hanya dengan sejumlah kecil bit (biasanya 4 bit) dalam sekali waktu. Dengan merangkaikan secara pararel beberapa potongan ini dan mengontrolnya dengan baik, dapat dibuat sebuah prosesor berkecepatan tinggi.

Bit Stuffing
Menyisipkan bit tambahan ke dalam suatu aliran data untuk menghalangi munculnya kontrol yang tidak diinginkan.

Black Box
Alat atau sebuah proses yang khusus hanya dalam batas proses input dan output. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam.

Black Hat
Hacker jahat, hacker black hat ini juga biasa disebut sebagai “aka crackers” dengan kemampuan mencuri data atau merusak sistem yang ada dalam komputer korban. Kelebihan black hat adalah kemampuannya untuk menghilangkan jejak hingga tidak bisa dilacak siapa sebenarnya pelaku serangan yang terjadi setelah tujuan tertentu mereka terpenuhi. 

Blank Character
Karakter yang tampak kosong digunakan untuk menyatakan jarak atau spasi antar karakter yang tampak di layar maupun di kertas.

BLAST (Block Asyncronous Transfer)
Sebuah software untuk mengalihkan data secara asinkron antar sistem komputer yang memakai software BLAST. Menggunakan perangkat antarmuka RS-232 C.

Blink
Istilah untuk menyatakan kursor atau karakter yang berkedip-kedip.

Block
1. Sebuah bagian pada informasi yang terekam dalam magnetic tape atau disk. Satu block dapat memuat beberapa record.
2. Istilah dalam lingkungan pengolah kata dan pemrograman untuk areal yang ditandai dengan warna tertentu, biasanya untuk menandai daerah yang akan disalin, dihapus atau dipindahkan.

Block Body
Sekumpulan pernyataan/perintah yang dituliskan setelah kepala blok dalam blok program komputer.

Block Diagram
Sebuah gambaran dari sistem, sirkuit atau program yang masing-masing fungsinya diwakili oleh gambar kotak berlabel dan hubungan diantaranya digambarkan dengan garis penghubung.

Block Input
Satu blok yang dianggap kompleks dan akan dikirim dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal.

Block Structured
Sebuah konsep dalam pemrograman komputer yang memungkinkan programmer untuk memperlakukan beberapa pernyataan sebagai sebuah unit tunggal sehingga mudah untuk dikendalikan.

Block Transfer
Pemindahan data atau informasi dalam bentuk blok-blok dan dianggap sebagai sebuah record tunggal.

Bluetooth
Teknologi yang diciptakan untuk koneksi wireless jarak dekat (radius 10 meter). Teknologi ini menggunakan chip transceiver yang dirangkai pada mobile computer, telepon, dan peralatan portabel lainnya. Bluetooth menyediakan tiga voice dan kanal data melalui sebuah koneksi one-to-one dengan enkripsi built-in dan verifikasi.

Body
Suatu tag HTML yang digunakan untuk membuka dan menutup semua isian (text, grafik, dll) dalam dokumen HTML.

Bomb
Kerusakan atau kesalahan fatal. Misalnya, program yang secara keseluruhan gagal total. Bisa juga merupakan sebutan bagi programmer yang sengaja menulis sebuah program untuk menghancurkan sebuah sistem komputer.

Bookmark
1. Dalam lingkungan Windows berarti memberi tanda pada hal tertentu untuk memudahkan saat pencarian.
2. Suatu catatan elektronik di dalam batas sebuah jendela (window). Ukuran sebuah jendela dapat diubah dengan meng-klik dan men-drag border tersebut.

Bottom-up Programming
Sebuah cara penulisan program yang diawali dari pembuatan program untuk detail-detail rutin level terendah kemudian naik setingkat demi setingkat sampai pada sistem atau menu utama. Kelebihan sistem ini adalah kemudahan menguji rutin-rutin tersebut. Kekurangannya yaitu bahwa programmer dipaksa untuk membuat keputusan tentang program ini terlalu dini dan mungkin harus mengesampingkan beberapa pekerjaan awal agar struktur program menjadi lebih jelas.

Bounced
Kiriman e-mail yang kembali kepada si pengirim karena alamat yang dituju tidak ada, salah ketik atau kelebihan kapasitas.

Boudot Code
Sistem sandi menggunakan 5 bit, kombinasi yang mampu dimanfaatkan sebagai sandi adalah 32 macam. Untuk memperbanyak jumlah sandi ditambahkan dua sandi khusus yaitu banyak Letters (11111) dan Figures (110011), sehingga memungkinkan sandi boudot memberi sandi untuk 58 macam simbol.

Bounds Register
Alat yang dapat menyimpan batas atas dan bawah address memori yang berasal dari program komputer yang diberikan dalam sistem time sharing.

Bps (Byte per second)
Satuan yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data di antara komputer, dihitung dari banyaknya bit yang dikirim per detik

Brach
Suatu urutan perintah dalam program yang dilalui komputer tergantung berapa banyak jumlah variabel.

Branch Instruction
Perintah untuk menjalankan tes pada sebuah register atau flag. Berdasarkan hasil yang diperoleh, komputer mungkin akan melanjutkan instruksi selanjutnya atau melompat ke bagian lain dari program.

Brainware
Istilah untuk menyatakan manusia sebagai pemakai komputer. Brainware bisa dikategorikan menjadi sistem analis, programmer dan operator.

Break
Perintah untuk menghentikan jalannya program. Biasanya perintah ini dilakukan dengan menekan tombol CTRL+C.

Break Point
Beberapa komputer memiliki sebuah sakelar yang akan membuat komputer akan berhenti di titik tertentu dalam program, sehingga operator dapat memeriksa jalannya program; atau dapat juga dengan jalan meletakkan perintah stop dalam program. Perintah ini dapat dihapus apabila program telah berjalan dengan baik.

BS (Backspace Character)
Salah satu karakter yang mampu melakukan pemindahan ke belakang secara otomatis dari suatu alat input atau output.

BSD (Barkeley Software Distribution)
Versi pertama sistem operasi UNIX yang memasukkan dukungan TCP/IP.

BSI (British Standards Institution)
Suatu organisasi di Inggris yang menentukan berbagai standar, termasuk komputer.

Buble Sort
Cara pengurutan data atau file dengan cara saling menukar tempat dalam urutan, mirip dengan gelembung dalam air. Metode ini adalah cara terbaik untuk mengurutkan data/file dengan jumlah sedikit. Untuk file yang lebih besar terdapat metode lainnya.

Buffer
Tempat penyimpanan data sementara. Hal ini sering digunakan ketika transmisi data harus mengambil tempat pada kecepatan yang berbeda. Buffer mengakumulasi data dari peralatan berkecepatan rendah. Pada hardware, buffer adalah alat yang meluaskan sinyal, memperbesar kemampuan drive.

Bridge
Perangkat yang menghubungkan jaringan secara fisik dengan cara menggandeng dua buah LAN yang menggunakan protokol sejenis. Bridge yang mempunyai kemampuan untuk mengawasi lalu lintas data sehingga dapat memberikan informasi tentang volume lalu lintas dan kesalahan jaringan.

Bridgeware
Sebuah alat Bantu berupa hardware atau software yang dipakai dalam menyalin program dan menulis sejumlah data untuk sebuah komputer dengan format tertentu.

Bridging
Istilah untuk menyatakan pemakaian bridgeware untuk menghubungkan sistem dengan format dan struktur yang cocok untuk satu jenis komputer dengan sistem yang sesuai untuk komputer lainnya.

Brightnes
Tombol pada monitor komputer yang berfungsi untuk mengatur terang atau gelap cahaya pada layar.

Broad Band
Pada lingkungan LAN, alat ini menghubungkan komputer dengan sebuah kabel yang mampu membawa banyak sinyal dalam satu waktu; bahkan mampu membawa sinyal audio dan video.

Broad Band ISDN
Bentuk broad band dengan layanan terpadu, dengan kecepatan tinggi dan menggunakan serat optik sebagai media transmisi.

Broadband
Koneksi yang sanggup menyediakan kecepatan (bandwith) yang melebihi 200 Kbps sampai pada satu mil terakhir jaringan koneksi, baik dari provider ke konsumen (downstream) atau dari konsumen ke provider (upstream). (Komisi Komunikasi Pemerintah Federal AS).

Broadband Channel
Saluran data yang berkecepatan tinggi dan data akan dibawa oleh sinyal berfrekuensi tinggi.

Broadcast
Pengiriman pesan ke seluruh titik dalam suatu jaringan.

Broadcast Address
Sebuah alamat yang isinya bit 1 semua, dapat memberi alamat pada semua terminal yang berhubungan dengan jaringan tersebut.

Broadcast Communication Network
Istilah untuk jaringan komunikasi yang pengiriman datanya dari sebuah terminal dilakukan secara broadcast.

Brouter
Suatu alat penghubung jaringan yang mengkombinasikan fungsi router dan bridge. Alat ini mengatur lewatnya data sesuai dengan protokol yang dipakai dan menjembatani semua lalu lintas data lain.

Browse
Perintah dalam lingkungan Windows untuk menampilkan isi disk.

Browser
Program aplikasi yang digunakan untuk browsing.

Browsing
Aktivitas penjelajahan beberapa situs di Internet.

Bug
Kesalahan dalam program yang mengakibatkan jalannya program menjadi kurang baik.

Build
Perintah dalam bahasa pemrograman untuk menjalankan kembali program yang dibuat dari awal.

Built-in
Istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang/menyatu di dalam perangkat lain.

Built-in Check
Hardware yang lebih mendahulukan mengatur ketepatan data daripada memindah atau menyimpan data ke dalam sistem.

Built-in Procedure
Prosedur yang disediakan untuk pernyataan sederhana yang dibuat pada bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Bullet
Istilah di lingkungan pengolah kata yang menyatakan penomoran beberapa baris naskah menggunakan lambing/simbol berukuran kecil.

Burst
1. Cara pengiriman data dengan cara mengumpulkan informasi, kemudian dikirimkan sebagai unit yang besar dalam sebuah jalur berkecepatan tinggi. Kebanyakan lalu-lintas LAN memakai metode ini karena mempunyai interval yang pendek.
2. Istilah untuk kesalahan terkumpul. Dalam salah satu satuan waktu terdapat lebih dari 1 bit yang terganggu.

Bus
Sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.

Bus Topologi
Salah satu bentuk topologi jaringan. Semua simpul (node) memiliki kedudukan sama. Apabila salah satu simpul mengalami kerusakan maka sistem jaringan tidak akan terganggu.

Byte
Informasi dengan panjang 8 bit.

Byte Mode
Model pengiriman data yang dilakukan dengan cara mentransfernya byte demi byte.

Kembali ke Atas

C

Cabinet File
Sebuah format file dari Microsoft yang dipakai untuk menempatkan file-file kompresan pada distribution disk. Untuk melepaskan kompres dari file, dipergunakan program Windows 95/98 Extract yang dijalankan pada perintah baris DOS.

Cabling System
Sistem pembagian kabel bagi seluruh unit dalam jaringan yang akan menghubungkan secara fisik semua stasiun dengan jaringan data LAN.

Cache
Berasal dari kata cash, dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data baik secara sementara maupun permanen.

Cache Folder
Disebut juga Temporary Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah didownload dari Internet oleh program webbrowser, untuk selanjutnya ditampilkan ke user. Hal ini untuk mempercepat webbrowser menampilkan webpages dari website tersebut.

Cache Memory
Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memori utama yang lamban.

CAD (Computer Aided Design)
Software untuk membuat desain produk dan gambar teknik.

CAI (Computer Assisted Instruction)
Software untuk membantu pemahaman siswa tentang suatu obyek. Aplikasinya berupa dialog antara siswa dengan komputer. Secara bertahap komputer akan memberi pertannyaan. Berdasarkan jawaban yang dimasukkan siswa, komputer akan memberi informasi apakah siswa melakukan kesalahan.

Calculator Mode
Terminal yang memiliki kemampuan penghitungan seperti kalkulator. Pengguna memasukkan sebuah ekspresi dan komputer akan mengevaluasi dan memberikan jawaban sesegera mungkin.

Caldera (http://www.caldera.com)
Salah satu distro Linux, Caldera memaketkan produknya dalam 3 kategori : OpenLinux Lite, OpenLinux Base, dan OpenLinux Standard. Produk pertama merupakan versi evaluasi 90 hari. Produk kedua berisi semua paket Lite plus sistem operasi yang lengkap dan mudah diinstall dengan integrasi desktop, client server Internet, dan Intranet. Paket ketiga menyediakan semua paket Base plus komponen high-end dan beberapa perangkat lunak komersial.

Call
Perintah untuk mengerjakan sebuah prosedur atau subrutin dimanapun perintah ini diletakkan, mengambil beberapa kondisi masukan yang dibutuhkan dan memberikan hasil, kemudian kembali ke program pemanggil. 

Call In
Perintah untuk memindah kontrol dari program utama ke subrutin secara sementara untuk tujuan tertentu.

Call Instruction
Perintah dalam program utama untuk memanggil subrutin.

Callout
Salah satu kemampuan dalam pengolah kata Ms-Word untuk menambahkan tempat teks penjelasan gambar.

CAM (Computer Aided Manufacture)
Sistem komputer untuk mengatur dan mengawasi jalannya proses operasi suatu mesin.

Cancel
Digunakan untuk membatalkan perintah atau menggagalkan kegiatan yang sedang dikerjakan.

Canned Software
Software yang telah dibuat oleh orang lain dan pengguna (user) tinggal membeli dan menggunakan saja.

Caps Lock
Tombol pada keyboard yang berfungsi mengubah semua tombol huruf menjadi huruf besar.

Caption
Dalam lingkungan pengolah kata Ms-Word perintah ini digunakan untuk menambahkan keterangan pada sebuah gambar, tabel atau obyek lainnya.

Card File
Program aplikasi dalam lingkungan Windows yang dapat digunakan sebagai buku alamat. Karena dapat menyimpan data seseorang, seperti nama, alamat, nomor telepon serta beberapa catatan lainnya.

Carriage Return
Istilah lain untuk menyebut tombol Enter pada keyboard.

Carrier Sense Multiple Access (CSMA)
Protokol yang umum digunakan dalam Ethernet pada proses pentransferan data/informasi.

Carry
Ketika komputer menjumlahkan dua angka dan mendapatkan jawaban yang melebihi kapasitas register, maka angka 1 terkiri dari jawaban akan hilang. Tetapi komputer mengenali situasi ini dengan memberikan carry flag.

Carry Flag
Suatu rangkaian flip-flop untuk menandai adanya overflow dalam operasi penghitungan komputer.

Cascade
Metode menampilkan jendela (window) dalam lingkungan Windows. Jendela-jendela yang dibuka akan ditampilkan secara bertumpuk. Setiap sisi atas jendela (di bagian heading) tetap terlihat sehingga pemakai dapat mengaktifkan jendela yang berada di tumpukan bawah dengan meng-klik heading-nya.

Case
Sebuah case komputer sebenarnya tak lebih dari rangka dari sebuah komputer. Case ini adalah tempat komponen-komponen yang membentuk sebuah sistem komputer terletak, juga untuk meletakkan alat pendingin (cooling fan), dan juga meng-ground listrik yang terdapat pada komponen-komponen yang ada melalui rangka yang terbuat dari besi. Case yang besar dengan tempat ekspansi yang banyak lebih disukai, dengan adanya ruang ekspansi yang banyak anda dapat menambahkan perangkat-perangkat lain dengan mudah. Contoh perangkat-perangkat yang dapat ditambahkan ini misalnya drive DVD, CD writer, dan lain-lain. Saat ini case dengan bentuk tower biasanya lebih disukai daripada case dengan bentuk desktop karena memiliki tempat yang lebih luas untuk ekspansi, dan juga dapat memiliki kemampuan pendinginan yang lebih baik. Sebuah case bisa berupa AT atau ATX, dimana perbedaannya terletak pada posisi motherboard nantinya, demikian pula power supply yang datang bersama case tersebut. Case komputer biasanya datang bersama-sama dengan power supply, walaupun kadang-kadang disarankan agar anda membeli power supply terpisah sehingga bisa mendapatkan kedua barang tersebut dengan kualitas yang sama-sama tinggi.

CASE (Computer Aided Software Engineering)
Software yang mampu menyelesaikan proses analisis, pemrograman dan pengembangan sistem secara otomatis.

Case Statement
Dalam pembuatan program, case merupakan metode pencabangan dengan banyak pilihan (option). Sering digunakan karena penulisannya lebih ringkas dan proses pembandingannya lebih cepat.

Casing
Wadah atau tempat melindungi motherboard, control board, power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya. Jenis casing komputer adalah berdasarkan bentuknya, yaitu:
1. Casing desktop = Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm. Umumnya casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk harddisk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.
2. Casing tower = Saat ini komputer 80486 ke atas menggunakan casing tower, selain memakan sedikit tempat sebagai pijakan, ruangan di dalam casing komputer lebih luas, sehingga suhu dalam casing komputer tidak cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya.
Casing komputer jenis tower terdiri dari:
a. Mini tower = Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama. Yang membedakan dari jenis-jenis tersebut adalah ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya.
b. Middle tower = Casing tower dipasaran juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

Catalog
Perintah dalam DOS untuk menampilkan daftar file yang berada dalam sebuah disk.

Catanet
Bentuk jaringan komputer yang seluruh host-nya terhubung ke jaringan lain yang memiliki perbedaan karakter. Masing-masing jaringan akan dihubungkan dengan gateway ataupun router sehingga dapat saling berkomunikasi.

Carrier
Sinyal yang dibaca modem ketika modem sedang berada pada akhir tugas membaca dari jalur lain namun tidak sedang melakukan transmisi.

CC (Carbon Copy)
Alamat yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat yang dituju utama.

CCIT (Comite Consultatif Internationale de Telegraphique et Telephonique)
Sebuah organisasi tingkat dunia yang bertugas menentukan standar-standar di bidang komunikasi.

CCIT Recommendations
Rekomendasi yang diberikan oleh CCIT untuk penggunaan alat-alat pendukung komunikasi, misalnya jenis protokol komunikasi, metode modulasi modem, dan lain-lain.

CD (Carrier Detect)
Status modem jika sedang terhubung dengan modem lain.

CD (Compact Disc)
Suatu piringan optik yang diisi dengan pengkodean laser, didisain untuk menyimpan sejumlah besar data. Ada banyak format CD yang tersedia untuk penggunaan bagi komputer.

CD Drive (Drive CD)
Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical) dan WORM (Write Once Read Many).

CD ROM (Compact Disc Read Only Memory)
Compact Disk yang tidak bisa dipakai untuk menulis ulang (dihapus atau ditambah); digunakan dalam penyimpanan data komputer.

CD RW
Sebuah Compact Disk yang selain dapat dipakai untuk dibaca juga dapat digunakan untuk menyimpan data dengan menulisnya menggunakan CD-RW Drive.

CD RW Drive
Alat pembaca Compact Disc yang digunakan untuk mengisi data ke CD RW.

CD Title
Compact Disc yang berisi program-program komputer.

CDMA (Code Division Multiple Access) 
Teknologi interface spread spectrum udara yang digunakan pada beberapa ponsel dan jaringan wireless lainnya.

Cell
1. Istilah dalam program pengolah kata dan pemrograman untuk menggambarkan pertemuan antara baris dan kolom.
2. Satuan standar penyimpanan dalam memori.

Cell Pointer
Dalam Microsoft Excell berarti tanda di atas layar monitor yang menunjukkan karakter selanjutnya diletakkan.

CELP (Code Excited Linier Predictive)
Metode pengompresan suara hingga mencapai rasio tinggi guna menghasilkan kualitas audio yang baik.

Centralized Operation
Metode pengiriman data yang semua pengiriman pesan harus melalui stasiun pusat. Umumnya berhubungan dengan sistem multidrop.

Centronics Interface
Standar nyata bagi pengiriman data pararel digunakan untuk menetapkan printer yang dibuat oleh Centronics Corp.

CERN
Laboratorium Fisika Partikel Eropa, pengembang Worl Wide Web.

Certificate
Data yang diperlukan browser untuk mengacak daya yang akan dikirim melalui SSL.

CGA (Color Graphics Adaptor)
Salah satu tipe monitor, yaitu standar Ibm untuk kualitas monitor resolusi rendah, dalam mode grafik hanya dapat menampilkan 4 warna.

CGI (Color Graphic Interface)
Program komputer yang menjembatani program aplikasi dengan halaman Web.

CGI (Common Gateway Interface)
Satu set peraturan yang menerangkan bagaimana sebuah Web Server berkomunikasi dengan bagian-bagian lain dari mesin yang sama, dan sebaliknya. Setiap bagian dari sebuah software bisa jadi adalah sebuah program CGI, jika tugasnya adalah mengatur input dan output berdasarkan standard CGI.

Chace
Sebutan untuk kartu grafik seperti VGA card.

Chainning
Proses kerja komputer yang bersambung dalam serangkaian segmen. Apabila sebuah program terlalu besar masuk dalam memori, program harus ditulis dalam beberapa segmen. Komputer akan bekerja dalam satu segmen setiap satu waktu sampai selesai, hasilnya akan dibawa ke segmen berikutnya. Demikian seterusnya sampai program selesai diolah.

Chameleon
Software yang memuat program aplikasi yang dibutuhkan untuk akses ke Internet.

Change Case
Dalam Ms-Word adalah perintah untuk mengganti bentuk huruf naskah yang diblok.

Channel
Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya.

Channel Service Unit
Sebuah alat pemroses sinyal digital yang berfungsi sebagai filter bagi sinyal yang dikirim ataupun diterima, sebagai buffer antara komputer pengguna danWAN, dan melakukan testing pada transmisi digital sehingga mencegah kesalahan dan kegagalan proses transmisi.

Character
Sekelompok kecil bit yang pengaturannya memberikan arti tertentu.

Character Oriented Protokol
Jenis protokol data link yang menggunakan kode tertentu yang sudah disepakati untuk mengirimkan informasi serta mengendalikan transmisi.

Charisma Engine II
Merupakan fixed function T&L-engine. Radeon 8500 T&L-engine dapat memiliki tenaga yang mampu memproses sekitar 60 juta segitiga per detik.

Character Set
Semua huruf dan simbol-simbol yang digunakan oleh sebuah peralatan atau bahasa komputer.

Chat
Layanan percakapan online yang biasa digunakan pengguna Internet untuk berbicara dengan pengguna lain. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini biasanya bisa melalui sebuah situs atau dengan meng-install sebuah aplikasi khusus untuk ber-chat-ria. Biasanya layanan ini digunakan untuk ajang kenalan, mencari teman baru, hingga menjadi solusi komunikasi yang murah dan mudah.

CHDIR
Perintah untuk pindah atau mengaktifkan direktori dalam lingkungan sistem operasi DOS. Penulisan perintah ini sering disingkat dengan “cd” diikuti nama direktori tujuan.

Check Box
Digunakan dalam form agar dapat memilih satu atau beberapa pilihan yang tidak eksklusif dalam list.

Check Digit
Sebuah angka yang dipakai dalam proses pemeriksaan.

Check Sum
Nilai perhitungan yang berdasarkan pada isi sebuah blok data dan nilai tersebut akan dikirim bersama blok data. Ketika sebuah blok data panjang ditransmisikan ke sebuah komputer, karakter tambahan mengindikasikan jumlah bit total yang sering terlacak. Komputer tetap menjalankan penghitungan dan apabila hasilnya tidak sesuai dengan check sum berarti telah terjadi kesalahan.

Check Point
Status yang menunjukkan panjangnya suatu program berlangsung yang umumnya akan disimpan setiap beberapa waktu sekali.

Check Register
Register yang bertugas memeriksa keakuratan proses pengiriman dengan cara membandingkan pengiriman pertama dan pengiriman kedua sebuah data yang sama.

Chip
Bit kecil dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit) atau sebutan untuk IC itu sendiri.

Chipset
Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor anda. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi lainnya.

ChkDSK
Program untuk mengecek keadaan dan isi dari sebuah disk dalam sistem operasi DOS. Sebelumnya harus memiliki file CHKDSK.EXE dahulu.

CIF (Common Intermediate Format)
Standar format video yang digunakan dalam video conferencing. Format CIF ditentukan oleh resolusi dan standar resolusi horisontal dan vertikal original. CIF dikenal juga dengan nama Full CIF (FCIF).

CIM (Computer Integrated Manufacturing)
Konsep penggabungan sistem komputer untuk membantu pengawasan proses perakitan.

Circuit Board
Sebuah papan sirkuit lengkap dengan komponen elektronik yang diletakkan dan disolder pada tempatnya.

Circuit Switched Network
Model komunikasi yang jalur komunikasi tujuan untuk pengiriman paket-paket data/informasi sudah dibangun antara dua host.

Clear
Proses untuk mengatur isi register flag atau lokasi memori ke posisi nol.

Click
Istilah untuk mewakili pemilihan obyek/menu dengan menekan salah satu tombol mouse.

Client
Pada jaringan, client adalah sebuah software aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server.

Client-Server
Suatu bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer ) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data dan keamanannya (server atau mainframe).

Client
Sebutan untuk mengatur komputer dalam jaringan (node/simpul) yang mengambil data/informasi dari komputer lain (server).

Clip art
Koleksi gambar dan animasi yang bisa langsung dimasukkan ke aplikasi office.

Clipboard
Alokasi tempat dalam memori yang disediakan sistem operasi Windows sebagai tempat penampungan sementara teks/obyek yang dikenai operasi penyalinan atau pemindahan (operasi copy dan cut).

Clipper
Bahasa pemrograman di bawah sistem operasi DOS, ditujukan khusus bagi pembuatan program untuk menangani file dan database.

Clock
Sumber utama dari pulsa elektronik komputer. Clock digunakan untuk menyamakan operasi semua elemen komputer.

Clock Pulse
Pulsa elektronik yang dipancarkan secara terus menerus untuk mensinkronkan kerja komponen di dalam komputer.

Clock Rate
Batas kecepatan pengiriman karakter satu komputer ke komputer lain.

Close
Perintah untuk menutup sebuah file sehingga tidak dapat dibaca oleh suatu program ataupun pengguna komputer.

Closed Architecture
Sebuah rancang bangun komputer yang hanya cocok dengan hardware dan software dari satu perusahaan komputer (vendor) saja.

Closed User Group
Sekumpulan pengguna komputer yang memakai sistem khusus pada sebuah jaringan.

CLS (Clear Screen)
Perintah untuk membersihkan layar dalam lingkungan DOS.

Cluster
Pengelompokkan item/alat-alat menjadi saling berhubungan.

Cluster File
Penyusunan sekelompok record sehingga masing-masing record yang punya kesamaan identifier akan dikumpulkan jadi satu.

Clustering
Proses untuk mengelompokkan suatu item berdasarkan kesamaan karakteristik.

Cluster Virus
Virus yang memodifikasi entry dari direktori tabel sehingga virus ini akan aktif, sebelum program-program yang lain. Kode virus ini hanya terdapat pada satu lokasi tetapi bisa menginfeksi seluruh program yang terdapat pada komputer yang diserangnya.

CMIP (Common Management Information Protocol)
Sebuah protokol pengatur jaringan yang memenuhi standar ISO, biasanya dihubungkan dengan OSI.

CMOS (Compelementary Metal Oxide Semiconductor)
RAM kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakan perluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan IC dengan kebutuhan tenaga baterai rendah. CMOS digunakan untuk menyimpan program konfigurasi, program diagnostik dan informasi tanggal dan waktu pembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

CMOT (Common Management Information Protocol Over TCP/IP)
Kemampuan CMIP untuk mengatur TCP/IP jaringan Internet.

CMYK
Singkatan dari empat komponen warna : cyan (C), magenta (M), yellow (Y) dan black (K).

CNC (Computer Numerical Control)
Suatu cara mengontrol kerja mesin menggunakan pita yang dibuat oleh sistem komputer.

CNI (Coalition for Networked Information)
Dewan bentukan American Research Libraries, EDUCom, dan CAUSE. CNI ini ditujukan untuk memacu kemajuan pengetahuan dengan menyediakan sumber-sumber informasi lewat jaringan komputer.

Coaxial Cable
Jenis kabel dengan inti dari tembaga dan dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lain, diantaranya terdapat isolator. Memiliki kemampuan membawa data dengan kecepatan tinggi, dapat memuat bandwith tinggi dan tahan terhadap gangguan (noise). Kabel koaksial dianggap memenuhi standar IEEE/ISO sebagai media transmisi pada sistem jaringan komputer.

COBOL
Bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk menangani aplikasi bisnis dan pemrosesan data. COBOL sangat baik untuk menangani file.

CODASYL (Conference of Data System Languages)
Organisasi yang memformulasikan aturan-aturan baku pada COBOL dan DBMS.

Code
1. Metode untuk menggambarkan simbol dalam bit biner (dalam sistem ASCII ataupun BCD).
2. Istilah untuk baris perintah yang ditulis programmer dalam pembuatan sebuah program komputer.

Code-Decoder
Alat yang mengubah data analog menjadi aliran bit-bit digital dan mengubah sinyal digital menjadi data analog.

Coding Sheet
Lembaran kertas yang dicetak secara khusus untuk membantu programmer menulis program di atasnya.

COGO
Nama sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diperuntukkan bagi pembuatan program penghitungan bidang teknik, khususnya teknik sipil.

Cold Boot
Istilah untuk men-start komputer dengan merotasi daya. Cold boot menggunakan sebuah rescue disk (floppy disk kosong berisi boot instructions dan kemampuan men-scan virus). Cold boot ini umunya diperlukan untuk membersihkan infeksi virus pada boot sector.

Cold Start
Sebuah program pemberi masukan pengenalan. Program ini akan memberi tanda pengenal pada hardware, membersihkan buffer dan daerah kerja, mengatur pointer serta menyiapkan semua peralatan sebelum melakukan tugas penting.

Collating Sequence
Semua simbol dan huruf yang digunakan oleh komputer akan diberi nilai numerik. Nilai tersebut akan digunakan komputer ketika mengurutkan nama. Collating sequence terdiri dari semua huruf, angka dan simbol yang diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Colocation
Salah satu tipe utama dalam layanan hosting, yaitu meletakkan equipmentnya sendiri satu lokasi dengan penyedia jasa hosting. Server bisa dipilih dan ditentukan sendiri, mengatur dan menginstall software-software yang diperlukan dan kemudian meletakkannya di dalam lingkungan dan fasilitas penyelenggara jasa hosting. Colocation adalah cara yang paling mendekati keadaan seolah-olah memiliki staff atau bagian yang mengelola servernya sendiri.

Color Depth
Color depth merujuk pada jumlah warna yang ditampilkan di monitor oleh video card. Semakin banyak warna yang digunakan, semakin realistis tampilan yang dapat dilihat. Seperti gambar yang didapat dari foto, merubah color depth komputer dapat meningkatkan kualitas gambar, namun dapat juga tidak apabila foto itu sendiri terbatas pada jumlah warna tertentu. Angka-angka yang menunjukkan color depth biasanya adalah 256 warna, 16 bit (65.000 warna), 24 -bit, dan 32-bit (jutaan warna). 24-bit dan 32-bit sangat sulit untuk dibedakan, akan tetapi 16-bit dan 256 warna akan menampilkan perbedaan kualitas yang menyolok.

Collision
Peristiwa hilangnya data karena dua peralatan mengirimkan data secara berurutan.

Com
Singkatan dari Communications atau sering disebut serial port, yaitu komponen yang menghubungkan CPU dengan printer, modem dan alat lainnya.

COM (Computer Output Microfilm)
Peralatan ini terdiri dari sebuah kamera yang mengambil gambar dari layar monitor dan merekam hasilnya dalam segulung teks mikrofilm.

Command
Sebutan untuk kata-kata yang meminta komputer melaksanakan sesuatu tugas.

Command Control Block (CCB)
Suatu kendali blok untuk jenis LAN IBM, CCB dapat digunakan untuk menanyakan fungsi yang didefinisikan oleh Direct Interface.

Command File
File yang berisi program atau sejumlah instruksi untuk pelaksanaan beberapa perintah DOS.

Command Level
Tingkat kemampuan seseorang untuk memberikan perintah dalam pengendalian sistem komputer.

Comments
Catatan atau komentar yang diletakkan programmer diantara perintah/kode program yang ditulis. Catatan atau komentar tersebut akan diabaikan oleh komputer ketika proses kompilasi. Fungsinya sekedar membuat program mudah dimengerti.

Commission
Komisi yang diberikan merchant. Setiap merchant memberikan komisi yang berbeda-beda, ada persentase dari penjualan yang terjadi via site, CPC, CPL, dan lain-lain.

Communication Architecture
Rancang bangun suatu hardware atau software yang menerapkan fungsi-fungsi komunikasi.

Communication Channel
Media yang akan dilalui data/informasi pada proses transmisi dalam suatu sistem komunikasi.

Communication Line
Penghubung fisik antar terminal-terminal ke sebuah unit pengendali komunikasi dan menghubungkan satu unit pengendali komunikasi dengan yang lainnya.

Communication Network
Sejumlah unit fungsional yang saling dihubungkan dan memungkinkan unit-unit dalam jaringan saling berkomunikasi, tukar menukar data dan informasi.

Comparator
Komponen elektronik yang bertugas membandingkan dua nilai kemudian memberikan hasilnya, mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil.

Compare
Perintah dalam komputer yang secara efektif membandingkan dua hal dan menentukan yang lebih besar diantaranya.

Compatible
Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan. Misalnya IBM compatible berarti dapat bekerja seperti komputer IBM.

Compatible Communication Architecture (CCA)
Protokol yang dipakai untuk mentransfer data asynchronous melalui jaringan X-25.

Compiler
Program yang menerjemahkan serangkaian perintah ke dalam bahasa mesin. Sekali program dikompilasi, program tersebut dapat dijalankan sesering mungkin tanpa harus mengulang proses kompilasi, kecuali jika terjadi perubahan pada program sumber.

Component
Istilah untuk menyebut bagian dari sistem komputer termasuk papan memori, papan sirkuit dan sebagainya.

Compress
Proses pemampatan ukuran suatu file dengan jalan menghilangkan informasi-informasi ganda yang ada.

Compressed
Kompresi, cara untuk membuat file lebih kecil dengan memperhatikan pola 1 dan 0 yang membentuk program.

Computer
Alat bantu pemrosesan data secara elektronik dan cara pemrosesan datanya berdasarkan urutan instruksi atau program yang tersimpan dalam memori masing-masing komputer.

Computer Card
Sebuah papan sirkuit plug in yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan komputer.

Computer Graphics
Pengolahan data dan penyajian hasil dalam bentuk grafis/gambar, bisa berbentuk diagram (chart), gambar (image), foto, lukisan (paint). Alat bantu berupa mouse, scanner, light pen dan papan plot.

Computerization
Pemakaian komputer sebagai alat bantu penyelesaian tugas sebagai pengganti penyelesaian pekerjaan secara manual.

Computer Languages
Perintah-perintah yang hanya dimengerti oleh komputer, yaitu terdiri dari serangkaian karakter 1 dan 0. Disebut juga bahasa mesin.

Computer Literacy
Pengetahuan tentang penguasaan penggunaan komputer untuk menyelesaikan suatu masalah.

Computer Network
Sistem jaringan kerja komputer, terdiri dari dua atau lebih komputer dan alat pendukung lain yang saling berhubungan melalui saluran komunikasi.

Computer Operator
Orang yang menggunakan komputer di tingkat pemakaian. Tugasnya hanya memasukkan data ke dalam sebuah program aplikasi yang sudah disediakan.

Computer Science
Nama lain dari ilmu komputer. Titik berat dari ilmu ini adalah memanfaatkan komputer untuk memecahkan masalah yang ada di dunia nyata.

Computing System
Unit pemrosesan utama yang terdiri dari alat penyimpan utama (main memory), saluran masukan dan keluaran, unit kontrol, peralatan penyimpan akses langsung (RAM) dan peralatan masukan dan keluaran (I/O device).

Concatenation
Operasi dua komputer yang mengambil dua string dan menggabungkannya, membuat sebuah string panjang di sekelilingnya.

Concentrator
Alat untuk mengumpulkan data dari beberapa jalur lokal dan mengirimkannya melalui jalur data tunggal berkecepatan tinggi.

Concrete Interface
Penjelasan spesifik antarmuka yang dipakai, misalnya spesifikasi suatu Application Programming Interface (API), spesifikasi kabel atau konektor.

Concurent
Kemampuan mengerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan.

Concurent Real Time Processing
Kemampuan komputer untuk melaksanakan beberapa tugas dari beberapa program dengan waktu yang bersamaan. Masing-masing proses secara khusus akan dihubungkan dengan time frame.

Concurent Operational Control
Kemampuan komputer untuk mengendalikan pemrosesan beberapa tugas dari beberapa program dalam waktu yang bersamaan.

Conditional Branch
Perintah dalam program yang mengakibatkan beberapa alamat akan digunakan sebagai dasar untuk mendapatkan perintah selanjutnya.

Conditional Breakpoint
Titik henti proses komputer yang sengaja diciptakan dengan cara men-set sebuah saklar.

Conditional Statement
Menyebabkan komputer mengecek suatu nilai dan memakai hasilnya sebagai dasar untuk memilih di antara beberapa alternatif kegiatan. Disebut juga IF statement.

Configure
Memberi beberapa informasi kepada pengguna, misalnya informasi memori yang masih tersedia, informasi urutan alat input dan output yang terhubung dalam sistem.

Configuration
Metode penyusunan sistem atau bagian dari sistem berdasarkan sejumlah kemungkinan.

Configuration Management
Lapisan dalam pengelolaan jaringan model OSI, bertugas untuk melakukan pemeriksaan status jaringan dan menghubungkan pengelolaan aplikasi jaringan serta akses dari pengguna yang bersangkutan.

Congestion
Kondisi yang terjadi akibat pemanggilan suatu layanan yang melebihi kapasitas yang dapat diterima sebuah jalur komunikasi data.

Connectionless
Suatu jenis komunikasi antar unit dalam jaringan yang transmisinya dilakukan tanpa pembentukan hubungan pendahuluan.

Connectionless Data Transfer
Sebuah protokol yang digunakan untuk mengadakan pertukaran data secara spontan dan tidak mendahulukan salah satu pengaturan manapun.

Connectionless Network Protocol (CLNP)
Protokol milik OSI yang menyediakan layanan jaringan Connectionless dibuat mirip dengan protokol Internet.

Connectionless Transport Protocol (CLTP)
Protokol yang memiliki kemampuan memberi alamat transportasi data serta pendeteksian kesalahan.

Connection Oriented
Bentuk hubungan antar unit dalam jaringan yang komunikasinya dilakukan secara bertahap. Tahap pembentukan hubungan, tahap pengiriman data dan tahap pelepasan hubungan.

Connection Oriented Data Transfer
Protokol untuk mengadakan pertukaran data dengan membangun hubungan antar titik terlebih dahulu.

Connectivity
Kemampuan komputer untuk berkomunikasi maupun terhubung dengan berbagai rancang bangun yang berbeda dalam satu jaringan tertentu.

Continuous Form
Sejenis kertas khusus untuk komputer, yaitu format kertas yang bersambung dan berlubang kedua sisi sampingnya.

Constant
Menunjuk pada semua angka atau nilai yang tidak dapat diubah.

Contention
Keadaan yang diakibatkan pemakaian satu saluran komunikasi oleh lebih dari satu stasiun pada saat yang bersamaan.

Contents
Informasi-informasi yang terkandung di dalam suatu register komputer.

Control Character
Karakter yang tidak akan terlihat tetapi memiliki arti khusus untuk peralatan tertentu atau bisa juga sebagai batas dalam proses transmisi data.

Control Card
Card/papan sebagai antarmuka yang menghubungkan CPU dengan peralatan lain.

Control Key
Tombol keyboard ketika ditekan bersama tombol lain akan menghasilkan karakter kontrol.

Control Unit
Bagian dari CPU yang menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer.

Controller
Alat tambahan yang dapat mengatur operasi dari peralatan yang ada di bawah pengaturan komputer.

Convert
Perintah untuk mengubah suatu file menjadi format yang berbeda agar dapat dibaca oleh aplikasi yang bersangkutan.

Cookie
Informasi dalam bentuk teks yang dipertukarkan oleh client dan server (yang membuat cookie ini adalah server). Di dalam cookie terdapat informasi nama server yang memberikan, path cookie, isi cookienya dan tanggal kadaluarsanya.

Cooltalk
Software untuk percakapan melalui Internet dan chatting yang ditawarkan oleh perusahaan Insoft, dengan fasilitas percakapan on-line, text chat, penjawab pesan, dll.

Cooper Distribute Data Interface (CDI)
Model lain dari standar FDDI yang sengaja dirancang untuk kabel twisted pair.

Coprocessor
Chip mikroprosessor yang secara khusus berfungsi membantu CPU menyelesaikan pengolahan data yang memakan waktu lama.

Copy
Perintah untuk menyalin obyek, misalnya gambar, teks atau file ke dalam media penyimpan lain.

Copy Con
Perintah untuk membentuk sebuah file baru dalam lingkungan DOS.

Copy Protection
Pengamanan terhadap isi disk agar tidak dapat disalin (di copy).

Core Gateway
Sekumpulan gateway yang dikendalikan oleh pusat operasi jaringan Internet di Bolt Beranek and Newman (BBN).

Core Storage
Suatu bentuk media penyimpan magnetik yang terdiri dari inti-inti magnetik.

Corel
Perusahaan pembuat software aplikasi grafis seperti CorelDRAW.

Corporation for Open System (COS)
Sebuah kelompok pengguna dan vendor yang melakukan serangkaian pengujian kelayakan, pemberian sertifikat serta mengenalkan produk-produk OSI.

COSINE (Cooperation for Open System Interconnection Networking in Europe)
Program penggalakkan penggunaan OSI bagi semua jaringan penelitian di seluruh negara di Eropa, diprakarsai oleh European Commision.

Counter
Sebuah script (program) yang menghitung jumlah pengunjung website secara otomatis.

CPI (Character Per Inch)
Satuan untuk mengukur kerapatan huruf dalam suatu naskah, diukur dari banyaknya karakter per satu inchi. Pada teks normal terdapat 10 karakter per inchi.

CPS (Character Per Second)
Satuan untuk mengukur kecepatan pengiriman data dalam sistem komputer. CPS dapat dijadikan sebagai satuan pengukur kecepatan printer.

CPU (Central Processing Unit)
Pusat pengolahan masukan sehingga menghasilkan keluaran. Termasuk di sini adalah semua register, sirkuit aritmatik, unit pembanding, dsb.

Cracker
Orang yang memaksa masuk ke satu sistem komputer secara ilegal. Terkadang cracker mengganggu dan menimbulkan kerusakan pada sistem yang dimasuki.

Crash
Istilah untuk menggambarkan sistem komputer yang tiba-tiba berhenti bekerja karena adanya masalah dan harus di-boot ulang.

CRC (Cyclic Redudancy Check)
Sebuah system error checking yang dipergunakan dalam proses transmisi yang berfungsi mendeteksi jika data yang diterima mengalami perubahan. Sebuah angka dikalkulasi berdasarkan data asli (original), proses transmisi, data akhir yang diterima. Jika kalkulasi itu berbeda, maka telah terjadi perubahan data.

CREN (Corporation of Research & Educational Networking)
Merupakan jaringan kerja hasil penggabungan dari BITNET dan CSNET.

Cross-post
Mem-posting pesan yang sama pada newsgroup yang berbeda umumnya dikirim tanpa membubuhkan subjek.

Cross Reference
Notasi/daftar dalam file yang menunjukkan bahwa sebuah data telah tersimpan di suatu tempat.

Crosstalk
Gangguan dalam proses pengiriman data/informasi antar stasiun berupa masuknya sinyal yang tidak diinginkan dari jalur yang terletak berhimpitan. Sering terjadi pada pengiriman jarak jauh atau sinyal berfrekuensi tinggi.

CRT (Catoda Ray Tube)
Teknologi yang dipakai untuk membuat sistem tampilan/monitor komputer menggunakan tabung sinar katoda.

CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance)
Media kendali akses dengan kemampuan membuat setiap sistem akan memantau carrier selama proses transmisi. Ketika proses pentransmisian data/informasi selesai, masing-masing sistem akan berhenti untuk sementara waktu. Bila tidak terdapat sistem lain yang memulai transmisi, sistem yang telah lewat waktu tunggunya dapat memulai pengiriman kembali.

CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection)
Media kendali akses dengan kemampuan melakukan transmisi ulang bila terjadi tumbukan.

CSNET (Computer Science Network)
Sebuah jaringan layanan e-mail ditujukan untuk para pengguna yang ingin mendalami ilmu komputer. CSNET membentuk CREN bersama BITNET.

Current Mode Transmission
Model pengiriman data dengan cara alat transmisi (transmitter) menggunakan arus listrik ke kedua konduktor kabel twisted pair secara bergantian sehingga terbentuk nilai 1 dan 0.

Cursor
Tanda yang dipakai di atas layar monitor yang menunjukkan karakter selanjutnya diletakkan.

Cursor Controller
Alat untuk memindahkan kursor ke seluruh layar monitor, dapat pula digunakan untuk menggambar atau memilih item menu. Misalnya, mouse.

CU-SeeMe
Software yang digunakan untuk mengadakan konferensi video secara on-line melalui Internet.

Custom
Pengubahan konfigurasi dari suatu instalasi dengan dialog box dan memberikan kesempatan kepada kita untuk memilih.

Customer Support Page
Lembaran dalam dokumen Web yang berisi bantuan pemakaian bagi pengguna Internet yang mengakses Web yang bersangkutan.

Customize
Pengaturan ulang yang dilakukan oleh pengguna pada software yang bersangkutan.

Cut
Menghilangkan sebuah obyek (teks atau gambar) dari layar monitor dan menyimpannya ke dalam clipboard.

CWIS (Campus-Wide Information System)
Sistem yang berfungsi untuk menyediakan informasi secara elektronik melalui jaringan bagi sebuah kampus atau universitas.

Cyber Cafe
Istilah untuk menggambarkan area terbuka untuk semua pengguna dalam Internet.

Cybermetics
Ilmu yang mempelajari komunikasi dan pengendalian dalam sistem penanganan informasi.

Cyberspace
Istilah yang berhubungan dengan kumpulan komputer yang data elektroniknya dapat diakses. Jika komputer berhubungan dengan Internet atau jaringan besar lainnya, maka komputer yang bersangkutan merupakan bagian dari cyberspace. Istilah cyberspace dikenalkan pertama kali oleh seorang pengarang William Gibson dalam novelnya Neuromancer.

Cyberpunk
Orang (baik amatir maupun profesional) yang percaya bahwa orang biasa (siapa saja) berhak menggunakan teknik enkripsi (encryption technique) untuk mengkode (encrypt) data atau berita (message) sehingga hanya orang yang dituju yang dapat membaca berita dari data tersebut.

Cycle Stealling
Menunda operasi CPU untuk sebuah siklus operasi dalam urutan untuk memberi waktu menyelesaikan beberapa proses yang lamban.

Cycle Time
Waktu yang dibutuhkan CPU untuk melalui satu kali operasi secara lengkap.

Cyclic Redudancy Check
Pengecekan proses transmisi berorientasi bit. Blok pesan akan dianggap sebagai deret bit yang dikirim. Bit-bit tersebut akan dimasukkan dalam generator CRC. Deretan bit tersebut lantas dikenai operasi matematis. Hasil perhitungan saat bit dikirim dan diterima akan menentukan ada tidaknya kesalahan dalam pengiriman.

Cylinder
Serangkaian track yang tergabung dalam sebuah disk. Terdapat banyak pusat silinder sebagai track di atas satu disk.

Kembali ke Atas

0 Komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Saran dan Komentar sahabat semua, sangat kami harapkan dan Komentar yang tidak ada hubungannya dengan topik akan dihapus. Terimakasih.