Rabu, Desember 24, 2008

Blogging via FTP untuk Blogger di Blogspot-Zip file 211.49 Kb

Mungkin ada di antara sahabat yang belum tahu cara mengoptimalkan blog sahabat, khususnya kali ini saya membahas mengenai fitur yang ada di blogspot / blogger. Sahabat yang dari dulu menggunakan blogger pasti sering menemukan fitur blogging via FTP transfer dan sebagainya, tetapi tidak tahu cara menggunakan fasilitas tersebut. Ada baiknya sahabat mengetahui dahulu mengenai apa itu FTP. FTP itu kalau saya simpulkan secara singkat adalah suatu protokol layaknya (HTTP, SMTP, POP, IMAP, IRC, HTTPS, NNTP, dll), yang berguna sebagai pertukaran data (baik upload data ke [server], maupun download data ke komputer [client]). Protokol ini berada di port 21 (bisa lain, sesuai dengan keinginan kita, tetapi protokol lazimnya berada di port 21, sama seperti port HTTP yang berada di 80, walaupun kadang-kadang ada yang menggunakan port 8080 untuk proxy). Sebenarnya untuk programmer, semua protokol-protokol diatas tidak ada bedanya selama mereka masih berada di Application Layer (belajar dasar2 networking TCP/IP), yang membedakannya adalah perintah-perintah tiap protokol tersebut. Jika sahabat ingin mempelajari protokol-protokol tersebut, silahkan cari bahannya di http://www.ietf.org/rfc/, disana terdapat arsip-arsip “kuno” mengenai protokol apa saja. Mengenai pertukaran data via FTP di blogger.

Apa yang seharusnya sahabat siapkan untuk mempelajari fitur ini ? Klik disini.

1 Komentar:

Belajar mengatakan...

bagaimana caranya pak...disini sptnya hanya dibahas apa itu ftp ,tapi tak dibahas tentang menggunakannya..apalagi saya pemakai blogger tapi belum bisa FTP ..saya sdh coba pake filezilla tapi tak conect terus..kenapa ya ??

trims

Poskan Komentar

Kritik, Saran dan Komentar sahabat semua, sangat kami harapkan dan Komentar yang tidak ada hubungannya dengan topik akan dihapus. Terimakasih.