Jumat, Januari 30, 2009

DAFTAR 33 SITUS PEBISNIS SUKSES

Dalam postingan kali ini, saya coba rangkum Situs bisnis yang jadi mitra pengusaha kecil dan menengah yang saya dapat dari berbagai sumber pun ebook.

Daripada disimpan terus di harddisk komputer saya, mendingan ikut di tempel di blog ini... Semoga saja bermanfaat bagi sahabat yang membutuhkan informasi dimaksud.

Memang sih agak menyimpang dengan topik utama blog saya ini. Tapi tak apalah... karna postingan ini saya simpan di kategori Artikel Mentah.

Apa itu Artikel mentah?, terlebih dahulu... sahabat bisa memahaminya disini (agar tidak terjadi salah faham dalam menafsirkan content blog saya ini.

Ox... kita langsung ke inti postingan :


DAFTAR 33 SITUS PEBISNIS SUKSES


1. http://www.sme-center.com

sme-center.com merupakan infrastruktur virtual yang menghubungkan pusat-pusat unggulan komoditi membentuk jaringan pusat unggulan yang ber-value chain. Sebagai titik transit yang akan mengakomodasi dan mengadaptasi berbagai perbedaan sistem perdagangan dan liberalisasi investasi serta teknologi menjadi sistem yang terintegrasi dan terbuka terhadap provider lain.Sebagai "end to end solution", sme-center.com merupakan suatu pusat bisnis bagi UKM dan Koperasi yang memberikan layanan berupa :

  • Situs Bisnis yang terdiri dari web presence, web template, company profile dan promosi dagang.

  • Pusat Peragaan yang terdiri dari virtual trade show dan product catalogue.

  • Temu Dagang yang terdiri dari info kebutuhan dan penawaran produk, serta link and match.

  • Pusat Informasi yang terdiri dari berita dan peristiwa nasional, daerah, komoditi, industri, perusahaan bank, keuangan, peraturan, pelatihan.

  • Layanan Bisnis yang terdiri dari advokasi bisnis dan teknologi, e-commerce, template dokumen bisnis, bisnis plan, dan ekspor impor.


2. http://www.bds-indonesia.org

Situs ini dibuat berdasarkan pada fakta bahwa dukungan pemerintah terhadap UKM selama ini tidak berjalan optimal, yang disebabkan oleh: relevansi terhadap pembinaan terbatas (lebih bersifat supply driven); jangkauan sasaran terbatas, dan tidak berkesinambungan masih menjadi kendala. Untuk menjawab permasalahan itu dibentuklah Asosiasi Business Development Services (BDS) Indonesia dibentuk konferensi nasional BDS yang diadakan pada tanggal 27-30 Mei 2002.BDS Indonesia ini dibentuk sebagai wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi dan advokasi antar BDS dan UKM Indonesia untuk mewujudkan UKM yang maju sehingga tercapai kesejahteraan pelaku UKM dan perbaikan perekonomian nasional.

Situs ini memberikan pelayanan advisory, konsultasi Teknologi Informasi, training dan juga akses jaringan bisnis secara nasional. BDS Indonesia juga sedang dan akan terus mengembangkan kemitraan strategis antara lain dengan :

  • Kementerian Negara Koperasi & UKM, Deperindag, Bappenas, Bank Indonesia, Menko Ekuin, BPPT, Departemen Kelautan dan Perikanan, dan Departemen Pertanian.

  • The Asia Foundation, JICA, Usaid, Ausaid, Swiss Contact, dan Pupuk Indonesia

  • Center Development of SMEs’, Fornas UKM, Forda UKM, APEC-Cooperation Sahid University, dan KADIN Indonesia.

  • Bank BRI, Bank Bukopin, dan PNM.

  • AP Development Network Camberra, Business Enterprises Center Sydney, METI Tokyo-Japan, serta Ernst & Young Australia.


3. http://www.sentra-kukm.com

Situs ini diharapkan dapat menjadi pendorong proses pemberdayaan koperasi dan UKM di Indonesia. Situs ini secara khusus memuat tentang berbagai informasi yang dapat dimanfaatkan oleh pihak terkait, baik swasta maupun pemerintah dalam melakukan pembinaan, pengembangan dan pemberdayaan koperasi dan UKM.

Di situs ini tersedia informasi mengenai :

  • Data Profile sentra berdasarkan nama Usaha Kecil Menengah dan Koperasi, Kab/Kota, Sentra, komoditi dan jumlah MAP (Modal Awal Padanan).

  • Daftar propinsi penerima MAP pada tiap propinsi.

  • Informasi beberapa data sentra unggulan dilengkapi cara pemesanan produk tersebut.

  • Informasi data sentra, Jenis badan usaha dan Nama badan usaha, serta

  • Fasilitas yang digunakan untuk ajang diskusi bagi sentra dengan anggota sentra lainnya.


4. http://www.info-ukm.com

Kantor Departemen Perindustrian, Lantai 14Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 52-53 Jakarta 12950, Telp/Fax : (021) 527 22 35/36/37 PT. IndoExchange,Tbk : Plaza Chase lantai 19 Jl. Jendral Sudirman Kav 21 Jakarta 12920, Telp/Fax : (021) 521 42 42/43

Bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia dan ADB TA, IndoExchange telah membangun situs Info-UKM dengan tujuan untuk memperbesar sekaligus mempermudah akses UKM ke berbagai sumberdaya tersebut, melalui penyediaan informasi berbasis internet.

Penyediaan situs Info-UKM ini merupakan salah satu cara, untuk membantu menumbuh kembangkan sektor UKM, dengan percepatan dan ketepatan penyebaran informasi yang relevan mengenai UKM. Sasaran pelayanan situs ini pada tahap awal adalah: Para pengembang UKM, Perguruan tinggi, Pusat teknologi, BDS Providers, Pers, Lembaga Keuangan, Asosiasi Bisnis, Instansi Pemerintah, LSM, Lembaga Penelitian, ISP dan lain sebagainya.

PT. IndoExchange Tbk melalui salah satu unit bisnisnya yakni IndoExchange, dengan dukungan Asian Development Bank-Technical Assistance 3829 INO, telah membangun situs, yaitu Info-UKM.

Ditengah-tengah sesak dan derasnya arus informasi melalui dunia internet dan sulitnya mencari informasi yang tepat dan dengan mudah, kami hadirkan situs Info-UKM. Tidak seperti berbagai portal atau situs UKM lainnya, situs Info-UKM hanya berfungsi sebagai pintu gerbang atau gateway serta filter yang menyaring informasi informasi spesifik yang terkait dengan sektor UKM. Selain itu, semua informasi yang tersedia pada situs Info-UKM dapat diakses secara gratis tanpa dikenakan biaya apapun.

Pada situs Info-UKM yang dapat diakses melalui url http://www.info-ukm.com, akan tersedia informasi tentang situs-situs lain yang bermanfaat bagi kegiatan sektor UKM, seperti antara lain : cara mengelola usaha dengan baik, tata buku atau akuntansi, pelatihan sumber daya manusia, peraturan pemerintah, pemasaran dan promosi, forum UKM, info tenaga ahli, organisasi pendukung, serta informasi terkait lainnya. Disajikan oleh situs Info-UKM dengan ulasan ringkas sehingga dapat memberikan gambaran awal mengenai situs atau halaman yang akan ia kunjungi.

Bagi IndoExchange, selain bekerjasama dengan Asian Development Bank-Technical Assisstance, untuk pengembangan situs Info-UKM, juga akan mengembangkan kerjasama dengan berbagai organisasi yang berkepentingan dengan pengembangan UKM. Antara lain kerjasama yang akan dibentuk dengan BPPT melalui IPTEK-NETnya, BPS, BI, Deptan, Jasakami, dll.


5. http://www.fordaukm.com

Keberadaan situs ini menyadari bahwa teknologi informasi yang semakin canggih akan menunjang kemajuan UKM. UKM dapat mempunyai akses kedalam jaringan perdagangan internasional yang tidak mengenal tempat dan waktu.

Teknologi informasi dalam hal ini internet memudahkan mereka untuk berkomunikasi baik dengan sesama UKM maupun dengan pihak pembeli dan pemasok di dalam juga di luar negeri. Komunikasi yang efektif dengan sesama UKM memungkinkan para pelaku UKM untuk saling tukar menukar informasi mengenai berbagai macam hal, seperti kebutuhan bahan baku produksi, misalnya, yang tidak tersedia di satu daerah dapat ditemui di daerah lain. Juga dengan adanya otonomi daerah akan banyak hukum dan peraturan baru yang harus diketahui para pelaku UKM agar mereka dapat melangsungkan usahanya dengan tidak melanggar peraturan yang ada.

Semuanya ini diupayakan untuk dimuat di dalam Fordaukm.com.Fordaukm.com ini menempatkan diri sebagai sarana para pelaku UKM untuk berkomunikasi, mendapat dan memberikan informasi secara jelas, cepat, tepat dan akurat. Setiap halaman/ikon dalam fordaukm.com dirancang sesuai dengan kebutuhan para pelaku UKM. Anda akan mendapati halaman mengenai detil tiap-tiap Forda, layanannya, alamat-alamat mitra bisnis utama seperti Kadinda, Kanwil Perindag dll., nama dan alamat para pelaku UKM, serta informasi-informasi penting lain.

Tidak boleh dilewatkan pula halaman mengenai acara yang diselenggarakan oleh Forda atau acara-acara dimana para pelaku UKM dapat berpartisipasi dan berita-berita aktual yang patut disimak. Fordaukm.com juga akan memudahkan para pembeli baik lokal maupun internasional untuk mencari produk-produk yang diinginkan secara efektif dan efisien. Yang diperlukan hanyalah memasuki situs yang dirancang secara canggih ini untuk mendapatkan keterangan mengenai produk-produk atau komoditi yang mereka butuhkan tanpa mengenal waktu dan tempat. Keterangan mengenai produk dapat ditemui dalam halaman Jual / Beli yang dilengkapi dengan foto produk yang bersangkutan.

Masalah dan hambatan yang kerap ditemui UKM dalam dunia bisnis akan dibahas pula dalam forum diskusi yang tersedia di website ini untuk digali akar penyebabnya serta mencari solusinya. Fordaukm.com ini berharap untuk dapat membantu dunia UKM dalam berusaha sehingga semakin maju dan berkembang sesuai harapan para pelaku UKM.


6. http://www.ydba.astra.co.id

Jl. Majapahit 16 Jakarta, Indonesia 10160 Telp : 62-21-3865831, Fax : 62-21-3865833

Situs ini milik Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), yang didirikan PT Astra International Tbk pada tahun 1980. Pendirian YDBA dimaksudkan sebagai perwujudan dari komitmen dan kesertaan Astra dalam program perkuatan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK) serta dilandasi oleh:- Program nasional kemitraan yang dicanangkan Pemerintah- Cita-cita Astra "Sejahtera Bersama Bangsa"- Salah satu butir dari falsafah Astra "Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara"Berdasarkan itu Astra menyusun suatu program terpadu yang disebut "Program Kemitraan Astra".

Melalui program tersebut diharapkan:

  • Tumbuhnya Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi yang mandiri, modern, dan tangguh.

  • Terjalinnya kemitraan bisnis antara unit-unit industri Astra dengan unit-unit Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi.Dalam melaksanakan "Program Kemitraan Astra", YDBA bersama perusahaan-perusahaan di jajaran Grup Astra menyelenggarakan bimbingan, pendidikan dan pelatihan di bidang proses/teknik produksi, pemasaran, manajemen, dan keuangan.

Sejak didirikan, YDBA bersama perusahaan-perusahaan di jajaran Grup Astra antara lain PT Federal Motor, PT United Tractors, PT Astra Daihatsu Motor, PT Toyota Astra Motor, Component Group PT, Bank Universal PT Astra Mitra Ventura, PT Astra Agro Lestari, PT Sumalindo Lestari Jaya serta lembaga terkait seperti Departemen Perindustrian & Perdagangan, Departemen Koperasi & PPK, Departemen Tenaga Kerja, dan Perguruan Tinggi, telah menyelenggarakan serangkaian pembinaan dan pengembangan kepada Usaha Kecil, Menengah, dan Koperasi berbagai daerah.

Pada akhir 1980-an, dengan maksud mempertajam sasaran dan meningkatkan efektifitas kegiatan, YDBA mengembangkan program tersebut melalui bimbingan teknik, magang, best practices, plant visit, temu usaha UKMK dengan Usaha Skala Besar, kunjungan langsung ke UKMK dan mengikutsertakan UKMK dalam berbagai pameran.

Dan seiring dengan berbagai perkembangan yang terjadi di dunia usaha, khususnya usaha kecil, serta untuk lebih memantapkan peran YDBA di masa kini dan masa mandatang, pengurus YDBA telah melakukan konsolidasi, penyempurnaan organisasi dan pemantapan program, seperti antara lain pembinaan yang difokuskan kepada:

  • Bidang yang belum terkait terbagi atas industri dan non-industri.

  • Bidang yang telah terkait terbagi atas hulu, hilir, dan woodbase agribisnis.

  • Bidang khusus pendidikan dan pelatihan.Arah pembinaan dan pengembangan UKMK adalah tumbuhnya industri kecil dan menengah modern, yang memiliki nilai tambah produk dan daya saing yang tangguh.

Untuk kepentingan itu YDBA menyusun identifikasi masalah serta kebutuhan pengembangan UKMK yang meliputi:

  • Bidang industri hulu : pembuatan komponen, perakitan dan produk jadi.

  • Bidang industri hilir : penjualan produk sepeda motor, mobil dll.- Bidang Non Industri : dengan menitik beratkan pada kelembagaan koperasi.


7. http://www.progressio.or.id

Yayasan Progressio Indonesia : Jl. Mampang Prapatan XVI No. 34A, Jakarta 12760, Tlp. (021) 7901475, 7983683. Fax. (021) 7983683, 7986353 e-mail: kontes@progressio.or.id,

Situs ini milik Yayasan Progressio Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta penerapan iptek dalam setiap sektor produksi untuk meningkatkan nilai tambah.

Salah satu fokus utama dalam hal ini adalah menciptakan suatu suasana yang kondusif bagi terbentuk dan berkembangnya usaha-usaha baru oleh wirausahawan inovatif dengan mengandalkan aplikasi iptek sebagai tumpuan pengembangan bisnisnya.Pada pelaksanaan tujuannya, Progressio Indonesia selalu berusaha menggandeng seluruh pihak – pemerintah, swasta, dan komponen masyarakat lainnya – untuk bersinergi guna mengusahakan peningkatan kemampuan masyarakat di bidang kewirausahaan, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan Iptek dan Entrepreneurship merupakan ‘warna’ dari setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Progressio.

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, Progressio telah melakukan berbagai kegiatan yaitu:

  • Memotivasi dan memfasilitasi munculnya wirausahawan muda yang inovatif melalui kegiatan Kontes Inovasi Bisnis (I+B). Kontes ini merupakan business plan competition yang diperuntukkan bagi mahasiswa Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2000. Diharapkan dari kontes tersebut muncul calon-calon wirausahawan muda yang siap dengan proposal bisnis. Sebagai tindak lanjut dari kontes ini diadakan Young Entrepreneurs Start-Up (YES) Programme yang akan memberikan investasi serta bimbingan yang dibutuhkan para calon wirausahawan muda tersebut untuk mewujudkan usahanya.

  • Mengkaji dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta penerapannya dalam bentuk studi. Studi yang pernah dilakukan adalah : Baseline Indikator IPTEK, Pengembangan Inovasi Mahasiswa pada Program Kemitraan, Kajian Format Modal Ventura Berbasis Technopreneur, Penyusunan Panduan Program Technopreneur, dan Kajian Penerapan Teknologi Informasi untuk Memberdayakan UKMK;

  • Menyebarluaskan informasi dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi secara nasional, regional dan internasional. Bentuk kegiatan yang pernah dilakukan adalah dengan pengadaan Warung Informasi dan Teknologi (Warintek) bekerjasama dengan Kementerian Ristek, Portal Ikatan Alumni (IA) ITB bekerjasama dengan IA ITB, pembuatan beberapa software, yaitu: Simduk (Sistem Informasi Kependudukan), Listener Programme, dan Alert System. Kegiatan serupa yang saat ini sedang dilakukan adalah pembuatan Indonesian Sugar Portal, dalam hal ini bekerjasama dengan Max Havelaar Foundation.

  • Mengembangkan kegiatan usaha dengan adanya Program Pengembangan Agroindustri di Cibodas, Jawa Barat dan Pengembangan Industri Palet di Karawaci, Tangerang, Banten.

  • Melaksanakan dan mengkoordinir berbagai macam event melalui keberadaan Event Organizer Trust Production.

Kontes Inovasi Bisnis (I+B), 2000 – sekarang Kontes I+B merupakan tahapan awal dalam menciptakan wirausahawan. Pada dasarnya Kontes I+B bertujuan mendorong terciptanya wirausahawan muda dari kalangan mahasiswa dalam berkreasi mencari gagasan baru atau mengembangkan penemuan menjadi bisnis baru. YES Program, 2003

Progressio berkerjasama dengan McKinsey&Co., IBL, Shell, dan Standart Chartered Bank, menyelenggarakan YES Program. Program yang merupakan kelanjutan dari Kontes I+B ini, adalah suatu program yang memberikan bantuan berupa konsultasi/mentoring, dan pemodalan kepada inovasi-inovasi unggulan. Melalui program ini diharapkan dapat terwujud wirausahawan masa depan yang handal.

Studi Baseline Indikator IPTEK, 2002 Fokus studi ini mengkaji peran fundamental IPTEK dalam pembangunan nasional. Struktur kajian meliputi: peran IPTEK dan kinerja ekonomi, daya saing nasional, produktivitas dan kualitas kegiatan IPTEK, iklim riset nasional Sumberdaya Manusia, dan kebijakan IPTEK nasional dengan beberapa negara Asia. Studi Pengembangan Inovasi Mahasiswa pada Program Kemitraan, 2002

Fokus studi ini adalah membuat program yang dapat memperkaya insentif dan memperbesar masukan bagi pengembangan daya inovasi dan kapasitas absorbsi kemajuan teknologi, dan meningkatkan kemandirian serta keunggulan sumberdaya manusia maupun sumberdaya IPTEK lainnya.

Studi Kajian Format Modal Ventura Berbasis Technopreneur, 2003 Kajian ditujukan untuk mencari alternatif format modal ventura yang perlu dikembangkan di Indonesia guna mendorong perkembangan technopreneur di Indonesia. Lingkup kajiannya antara lain meliputi struktur organisasi, kerangka regulasi, pola investasi, mekanisme pembiayaan, strategi perintisan modal ventura berbasis techno-preneur, dan fokus bisnisnya.

Studi Penyusunan Panduan Program Technopreneur, 2003 Studi ini difokuskan untuk mengembangkan dan menyusun panduan pelaksanaan program technopreneur, dalam hal ini termasuk membangun mekanisme dan proses pelaksanaan program yang komprehensif. Dengan adanya panduan tersebut diharapkan pelaksanaan program technopreneur dapat terlaksana secara berdaya dan berhasilguna.

Studi Kajian Penerapan Teknologi Informasi untuk Memberdayakan UKMK, 2003 Secara umum, kajian ini dilakukan untuk mengetahui format kebijakan teknologi yang diperlukan dalam menggalakan penerapan TI sebagai salah satu upaya untuk memberdayakan UKMK. Secara khusus, kajian ini ditujukan untuk mengetahui masalah dan peluang yang dihadapi oleh UKMK dalam memanfaatkan TI untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, dilakukan studi perbandingan kebijakan teknologi di beberapa negara yang sukses dalam memanfaatkan TI dalam memberdayakan UKM.

Portal Development Portal Kontes Inovasi Bisnis (http://www.progressio.or.id) – 2000 Portal ini merupakan media penyebaran informasi Kontes I+B melalui internet. Melalui portal ini peserta dapat mendaftar dan mengirimkan proposalnya secara online. Portal juga memberikan informasi perkembangan pelaksananaan Kontes I+B, berita-berita mengenai inovasi dan pengembangan bisnis, serta panduan pembuatan proposal yang baik.

Portal Warintek (http://warintek.progressio.or.id) – 2001 Portal ini menyediakan informasi-informasi yang dapat digunakan untuk membentuk dan mengembangkan UKM. Informasi yang disediakan oleh portal ini antara lain adalah : basis data pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, tanaman obat, tanaman hias, Teknologi Tepat Guna (TTG), dan data perundang-undangan. Portal ini bertujuan untuk mendorong program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat yang berwawasan informasi. Program nasional ini merupakan salah satu kegiatan KRT yang dikoordinasi oleh Kantor Deputi Menristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Iptek.

Portal IA ITB (http://www.ia-itb.com) – 2003 Progressio bekerjasama dengan Ikatan Alumni ITB membuat suatu portal data yang memuat berbagai macam informasi mengenai profil dan kegiatan IA ITB. Isi dari portal ini adalah: Direktori Alumni yang berisi data diri dan foto alumni, Newsletter yang berisi perkembangan portal bulanan dalam bentuk newsletter, berita-berita mengenai perkembangan iptek, start up companies, kegiatan IA-ITB, kegiatan kampus dll, dan forum diskusi yang setiap bulan menyajikan 2 topik yang tengah hangat untuk dikaji dalam forum ini kemudian akan diajukan untuk menjadi rujukan bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan. Di masa depan, portal akan dikembangkan menjadi B2C dan B2B, antara lain penjualan “on-line” hasil karya alumni ITB, dan pelaksanaan program e-Procurement.

Indonesian Sugar Portal (under construction), 2003 Saat ini Progressio bekerjasama dengan Yayasan Max Havelaar sedang mengembangkan portal khusus gula. Portal ini bertujuan untuk memberdayakan para petani gula di Indonesia serta mempromosikan asosisasi kepada pasar, baik dalam maupun luar negeri sehingga produk dapat dikenal di seluruh dunia. Sedangkan manfaatnya bagi keluarga petani adalah: mengerti penggunaan internet, memperoleh pengetahuan cara hidup yang sehat dan dapat berkonsultasi dengan pakar di bidangnya.

Software Beberapa software yang telah dibuat oleh Progressio adalah :

  • Aplikasi database untuk radio, yang berfungsi untuk meningkatkan pelayanan stasiun radio terhadap pendengarnya. Aplikasi ini telah dimanfaatkan oleh salah satu stasiun radio terkemuka di Jakarta yaitu Hard Rock FM. Software yang digunakan dalam Listener Program adalah ASP, MsSQL 2000, dan MsAccess 2002

  • Aplikasi data base Sistem Informasi Kependudukan yang memungkinkan untuk melakukan pencatatan kependudukan secara on-line. Melalui aplikasi ini pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan dalam satu atap sehingga lebik efisien.

  • Alert System digunakan untuk memonitoring kerja suatu network/server. Melalui program ini kerja network termonitor selama 24 jam, dilengkapi dengan berbagai sensor termasuk sensor panas dan jendela, akan menjaga kinerja network tetap berjalan dengan baik.

Progressio juga memiliki kegiatan yang berbasis agrobisnis, berlokasi di Cibodas seluas 50m x 15m. Kegiatan ini telah berlangsung selama 3 tahun, dan perkembangannya diarahkan untuk skala lebih besar.

Kegiatan yang dilakukan meliputi penanaman sayuran eksklusif serta distributor tanaman sayuran.

Progressio menyediakan jasa EO dengan nama Trust Production. Kegiatan pertama Progressio di bidang ini adalah mengadakan Lomba Menggambar dan Pemilihan Model cilik di Depok pada tanggal 20 Juli 2003.Usaha pembuatan pallet dilakukan di Karawaci, Tangerang. Usaha ini menyewa lahan seluas 30m x 25m dan mempekerjakan penduduk setempat.


8. http://www.binaswadaya.org

Situs ini milik Yayasan Bina Swadaya dibawah Direktorat Pengembangan LPUM, yang merupakan salah satu unit pengembangan Bina Swadaya yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan ekonomi rakyat miskin yang bertumpu pada pendekatan pengembangan kelompok-kelompok swadaya masyarakat (KSM).

Sejumlah LPUM ditumbuhkan di berbagai wilayah di Indonesia untuk menjangkau lebih banyak rakyat miskin yang dilayani dan terorganisasi dalam wadah KSM. LPUM memberikan pendampingan kepada KSM dengan prinsip pemberdayaan, kemandirian dan keberlanjutan KSM. Ketiga prinsip tersebut diterapkan dengan mengembangkan pendekatan usaha dan keuangan mikro.Saat ini Bina Swadaya memiliki 21 LPUM yang tersebar di 10 propinsi dan melayani rakyat miskin yang berada di 46 Kabupaten/Kodya, 232 Kecamatan dan 820 desa. Direktorat ini juga terbuka untuk memberikan pelayanan atau pendampingan pada lembaga-lembaga lokal dan bekerjasama dengan lembaga lain yang berorientasi untuk pengembangan ekonomi rakyat dengan mengembangkan usaha dan keuangan mikro.

Dalam menjalankan kegiatannya, Bina Swadaya melalui Direktoat Konsultasi memberikan jasa konsultasi yang mempunyai visi memandirikan KSM melalui penyediaan jasa konsultansi kepada instansi pemerintah di pusat maupun daerah, lembaga dana internasional, serta perusahaan swasta. Pelayanan direktorat konsultansi bersifat taylor made dalam bentuk pendampingan teknis (technical assistance), pelatihan dan penelitian terapan di berbagai sektor.

Direktorat Konsultansi menyediakan layanan jasa antara lain : Studi Penjajagan Kebutuhan Masyarakat, Pengorganisasian/Persiapan Masyarakat, Pengembangan Kelompok Swadaya, Pengembangan Permodalan, Penerapan Teknologi Tepat Guna, Pengembangan Peranan Wanita, Pelatihan bagi Petugas Lapang dan Manajer (in house / company training), Penyusunan Panduan, Modul, Kurikulum, Pengembangan Media Komunikasi, Penyelenggaraan Loka Karya, Pemantauan dan Evaluasi, dan Pengembangan Model Pembinaan.


9. http://www.smesco.com

Situs SME’sCO ini merupakan Forum Tahunan bagi Usaha Kecil dan Menengah dan Koperasi untuk memamerkan hasil produksi, usaha dan jasa sekaligus melakukan upaya penetrasi pasar baru untuk mengembangkan jaringan pemasaran yang bekesinambungan.SME’sCO merupakan Forum untuk mempertemukan potensi-potensi Usaha Kecil dan Menengah dan Koperasi dengan seluruh komponen yang berkepentingan untuk pengembangannya.

SME’sCO merupakan karya nyata anak bangsa yang menunjukkan keperdulian pemerintah untuk bersama-sama masyarakat dan swasta mengembangkan potensi Usaha kecil dan Menengah dan Koperasi.

SME'sCO Menampilkan: Pameran Produk UKM dan Koperasi, Garmen, Kerajinan dan Furnitur, Makanan dan Minuman , Pertanian, Jamu dan Rempah-Rempah, Pakaian dan Asesoris, Logam dan Pengolahan, Jasa Perbengkelan, Industri Peternakan dan Perikanan, Plastik dan Pengolahan, Permesinan, Sumber Daya Manusia dan Pendidikan, Pariwisata dan Transportasi.

Usaha Pendukung dan Koperasi : Konsultan Bisnis dan Pemasaran, Konsultan Hukum, Lembaga Kredit dan Perbankan, Badan Pengembangan Ekspor Nasional, Jasa Pengiriman Barang, Lembaga Pelatihan SDM, Lembaga Pembina UKM Dan Koperasi (PUKK), Asosiasi Ritel Indonesia, dan Lembaga Donor Internasional.

SME'sCO akan dihadiri oleh: Pembeli Eceran dan Partai Besar, Unsur-Unsur Pemerintahan Pengambil Keputusan Pembinaan UKM dan Koperasi, Perwakilan Daerah dari Seluruh Pusat Industri Kecil dan Menengah Indonesia, Perwakilan Negara Sahabat Mitra Kerja Kementrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Profesional Industri Pengolahan dan Pengendalian Mutu, Wartawan Dalam dan Luar Negeri, dan Konsultasi Pemasaran Dalam dan Luar Negeri.


10. http://www.techno-incubator.com

Balai Inkubator Teknologi Kawasan PUSPIPTEK Gedung 410 Serpong

Telp./Fax : (021)7560101, (021)7560562 ext. 4643 (Hub. Dwi Andari)

BPP Teknologi Gedung II Lantai 13 Jl. MH. Thamrin 08 Jakarta Pusat 10340 Telp. : (021)3169473 Fax. : (021)3169472 (Hub. Suheti Lusiana) E-mail : bit@techno-incubator.com

Situs ini milik Balai Inkubator Teknologi (BIT) Badan Pengkajian dan Pennerapan Teknologi (BPPT) dibawah Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Situs ini dibuat dalam usaha mendukung pengembangan dan pemberdayaan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK) berupa penumbuhan wirausaha berbasis teknologi, Balai Inkubator Teknologi memberikan Fasilitasi Akses Pendanaan.Program tersebut bertujuan untuk membantu memecahkan masalah permodalan yang seringkali dialami UKMK.

Lembaga permodalan juga perlu menyalurkan dana yang dimilikinya kepada UKMK yang memerlukan. Hanya saja diperlukan lembaga pendamping yang berperan dalam membantu menyiapkan kelengkapan persyaratan yang diperlukan dan memberikan akses kepada sumber pendanaan tersebut. Balai Inkubator Teknologi telah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga pendanaan yang meliputi; Modal Ventura, Perbankan, BUMN dll.

Tujuan dari fasilitas akses pendanaan adalah memfasilitasi UKMK atau wirausaha maupun calon wirausaha (tenant) untuk memperoleh permodalan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kegiatan yang khusus dibuat untuk bertemunya wirausaha maupun calon wirausaha (tenant) dengan investor atau sebaliknya. Dengan lingkup penyusunan proposal usaha dan merekomendasi kepada sumber pendanaan. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh UKMK, pengusaha pemula, dan inventor.

Peminat program ini dapat mengajukan permohonan untuk dipertemukan dengan investor. Setelah memenuhi kriteria serta syarat yang telah ditentukan, maka peminat diikutsertakan dan difasilitasi untuk mendapat akses permodalan melalui program yang telah disediakan.

Contact Person : Qiqi Asmara, ST, Ir. Moh. Hamdani, M. Eng.


11. http://www.depkop.go.id

Situs ini milik Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia.

Situs ini merupakan pusat informasi dan layanan bagi Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) di seluruh Indonesia.

Selain itu juga tersedia menu tentang data sekaligus up-dating mengenai KUKM, lembaga pengembangan bisnis, pengembangan grosir, dan pengembangan ritel.Situs ini juga memberikan informasi mengenai bagaimana memulai usaha, permodalan dan pembiayaan, regulasi, manajemen produksi, serta pemasaran dan distribusi.


12. http://www.smecda.com

Situs ini dikelola oleh Deputi Bidang Pengkajian dan Sumber Daya Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Situs ini berisi informasi dan data mengenai Koperasi, UKM, Modal Awal Padanan (MAP) serta Business Development Service (BDS) di seluruh Indonesia.

Selain itu juga tersedia menu majalah perkoperasian, makalah perkoperasian, sentra KUKM, dan dana bantuan kompensasi BBM.Selain itu situs ini juga memberikan informasi mengenai petunjuk-petunjuk teknis program Kementrian KUKM dan Undang-Undang tentang Perkoperasian.

Petunjuk teknis yang diberikan antara lain :

  • Petunjuk Teknis Program BDS

  • Petunjuk Teknis Program MAP

  • Petunjuk Teknis Program Ventura

  • Petunjuk Teknis Program Inkubator

  • Petunjuk Pelaksanaan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi


13. http://www.bappenas.go.id

Bappenas - Jl.Taman Suropati No.2 Jakarta 10310 Telp.021-3905650e-mail: admin@bappenas.go.id

Situs ini milik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Situs ini berisi informasi mengenai proses perencanaan tentang UKM, BDS dan kegiatan-kegiatan proyek di Direktorat PUKMK Bappenas.

Dalam pendanaan proyek tersebut Bappenas bekerjasama dengan lembaga-lembaga donor asing seperti Asia Development Bank (ADB) dalam bentuk Project Loan. Bappenas berperan sebagai Technical Assistance dalam proyek-proyek tersebut.


14. http://www.dprin.go.id

Jl. Gatot Subroto Kav. 52-53, Jakarta 12950, Indonesia Telpon (62-21)525-5509

Situs ini merupakan situs resmi milik Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI.

Dalam situs ini berisi informasi mengenai berita, informasi dan data terkait dengan perindustrian dan perdagangan di Indonesia.Situs ini juga memberikan layanan berupa pusat solusi bisnis, akses kedalam jaringan bisnis dibawah Deperindag dan juga layanan pengaduan dan informasi mengenai perkembangan otonomi daerah di seluruh Indonesia.

Selain itu situs ini juga dilengkapi dengan publikasi mengenai regulasi-regulasi yang terakhir dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia. Publikasi mengenai kerja perdagangan internasional dan rencana induk pengembangan industri kecil dan menengah juga melengkapi situs ini.


15. http://www.nafed.go.id

Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN)

Departemen Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia

Jalan Abdul Muis No. 6-8 Jakarta 10160

Telp. 6221-3800672 Fax. 3863151

Situs ini memberikan pelayanan asistensi kepada orang yang bergerak dalam industri manufaktur untuk seluruh dunia walaupun asistensi yang diberikan hanya sebatas identifikasi dan pengembangan pasar untuk produk-produk yang dihasilkan.

Untuk membantu industri manufaktur di Indonesia, Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) didirikan tahun 1971 dalam memberikan jasa khusus sebagai agen dari menteri industri dan perdagangan.BPEN mempunyai misi untuk :

  • Memformulasikan kebijakan dan keberadaan pedoman bagi pengembangan dan dukungan bagi ekspansi ekspor non-migas.

  • Menyediakan jasa informasi dan koordinasi pasar.

  • Mengimplementasikan dan mengkoordinasikan promosi ekspor.

  • Melakukan ekspansi dari jangkauan produk dan pasar ekspor.

Jasa BPEN yang diberikan antara lain dalam bentuk informasi seperti :

  • Analisis Market Intelligence

  • Memberikan asistensi kepada eksportir dalam hal penetrasi dan ekspansi pasar, BPEN secara regular menyediakan hasil riset pasar yang strategis.

  • Selain itu publikasi, jasa komputerisasi, seminar, workshop dan forum ekspor juga dibuat untuk meningkatkan hasil. Hasil lengkap menegenai studi pasar oleh BPEN terhadap beberapa Negara seperti Bulgaria, Republik Ceko, Norwegia, Kolombia, Uruguay, Kuwait, Yaman, Bangladesh, Sri Lanka, Sudan, Ghana, Tanzania, dll. Studi penetrasi produk juga tersedia seperti negara Argentina, Chile, dll.

  • Forum konsultasi ekspor tahunan

  • Workshop dan Seminar

  • Konsultasi bisnis untuk Usaha Kecil dan Menengah


16. http://www.titianbisnis.com

Email: info@titianbisnis.com Ph. 62-21-78839746 Fax. 62-21-78839746

Sesuai dengan namanya, TITIAN memiliki misi sebagai jembatan bagi para pengusaha untuk menjadikan bisnis mereka menjadi lebih baik dan profesional, menjadi jembatan bagi individu-individu untuk memiliki jiwa wirausaha dan menjadi wirausahawan yang andal melalui pelayanan jasa konsultasi manajemen, pendidikan dan pelatihan, workshop, pembuatan perencanaan usaha dan pembelajaran jarak jauh.

Visi TITIAN adalah menjadi sebuah perusahaan jasa konsultasi manajemen dan kewirausahaan yang maju dan dapat diandalkan di Indonesia.

Saat ini, TITIAN memiliki tiga jenis layanan utama (line of business) yaitu:

  • Konsultasi Manajemen, untuk melayani klien dari kalangan perusahaan atau perseorangan. Bentuk jasa ini berupa konsultasi, feasibilitiy study, market research, pendidikan dan pelatihan ataupun workshop/seminar dan dapat dilakukan secara inhouse. Pembuatan Perencanan Strategis Bisnis (Business Strategic Planning) atau juga Perencanaan Bisnis (Business Plan) adalah salah satu concern TITIAN dalam membantu perusahaan atau perorangan dalam menyusunnya. Beberapa bagian yang juga dapat dikerjakan secara terpisah dari perencanaan adalah: - Rencana Pemasaran (Marketing Planning) - Rencana Keuangan (Financial Planning) - Rencana Operasional (Operational Planning)

  • Pengembangan Entre-Intrapreneruship, yaitu menyediakan jasa pelatihan dan bimbingan untuk membantu mengembangkan jiwa entrepreneurship baik bagi perorangan atau perusahaan. Bentuk jasa ini berupa: - Konsultasi, disediakan konsultan untuk bidang strategi, pemasaran dan keuangan. - Pembelajaran Jarak Jauh (distance learning), keuntungan dari pembelajaran jarak jauh ini adalah peserta program ini dapat melakukan belajar dimana saja, kapan saja dan selama program berlangsung dapat berkonsultasi dengan para staf ahli melalui e-mail. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara on-line. - Fast-Track Class: Start Your Own Business, kelas khusus bagi perorangan yang ingin memulai bisnis sendiri. Diadakan setiap bulan. - Entrepreneurship untuk Perusahaan (Intrapreneuring), dilakukan secara inhouse.TITIAN juga sangat concern dengan pengembangan kewirausahaan baik bagi perorangan -biasa disebut entrepreneurship-, juga pengembangan kewirausahaan yang ada di perusahaan -intrapreneurship-. Sudah terbukti jiwa inilah yang diperlukan bagi kita semua untuk tetap survive menghadapi tantangan ke depan.


17. http://www.inkubator.itb.ac.id

Pusat Inkubator Bisnis ITB

Jl. Ganesha No. 15 Bandung 40132

Telp: +62-22-2501006, Fax: +62-22-2534163

e-mail : pib@inkubator.itb.ac.id

Situs ini milik Pusat Inkubator Bisnis Insitut Teknologi Bandung. Situs ini berisi program-program untuk para tenant yang akan memulai usahanya.

Selain itu juga kita bisa mendapatkan informasi tentang berbagai Usaha Kecil Menengah dan inkubator di seluruh dunia.PIB ITB juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti seminar kewirausahaan dan pelatihan-pelatihan manajemen yang dikelola oleh Institut Teknologi Bandung sebagai induk dari organisasi ini.

Situs ini juga menyediakan forum diskusi dan technopreneur bagi anggota dan pengunjung web site. Beberapa artikel tentang bisnis dan profil entrepreneur dari alumni ITB juga ditampilkan untuk melengkapi situs ini : http://www.techno-incubator.com


18. http://www.bmtlink.web.id

Situs BMTLink merupakan situs bisnis dan berita masyarakat BMT, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia.

Situs ini dilengkapi dengan menu data dan informasi mengenai Baitul Mal wa Tamwil (BMT). Informasi dan data yang diberikan yaitu peta perkembangan BMT, profil BMT, bisnis dan budaya kerja dari BMT di Indonesia.Artikel dan berita mengenai BMT, Koperasi dan UKM juga memenuhi halaman web situs ini.

Forum diskusi dan mailing list juga menjadi salah satu fasilitas yang disediakan bagi pengunjung situs.

Selain itu situs ini juga memberikan pelayanan konsultasi untuk Pengusaha Kecil Menengah (PKM) dan juga konsultasi terkait dengan keberadaan BMT di Indonesia.


19. http://www.pengusaha.com

Situs ini adalah situs mengenai majalah yang berisi informasi tentang solusi dan peluang usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah.

Informasi yang disajikan dapat berupa opini, hasil wawancara, ataupun profil mengenai UKM.Selain itu juga terdapat beberapa menu tentang konsultasi seperti konsultasi bisnis, perdagangan, waralaba dan hal-hal lainnya yang terkait dengan UKM.

Situs ini juga memberikan layanan untuk pengunjung internet yang ingin mendapatkan mitra atau ingin mencari peluang usaha di seluruh pelosok tanah air dan dunia. Layanan ini memfasilitasi kontak bisnis melalui media iklan baik dalam terbitan majalah maupun website.


20. http://www.entrepreneur-indonesia.com

Media Entrepreneur Indonesia - Pusat Inkubator Bisnis ITB

Jl.Ganesha no.15 Bandung 40132

Telepon : (022) 2501006 Fax:(022) 2534163

e-mail: entrepreneur@telkom.net, entrepreneur@inkubator.itb.ac.id

Majalah Entrepreneur Indonesia merupakan media yang secara khusus membahas dunia entrepreneurship dan aktivitas kemandirian generasi muda dengan kemasan yang ringan dan menarik.

Majalah Entrepreneur Indonesia adalah majalah bulalan yang terbit perdana pada Mei 2003. Majalah ini hingga saat ini dibaca oleh tidak kurang dari 50 ribu orang pembaca. Khalayak Majalah Entrepreneur Indonesia sebagian besar adalah kalangan generasi muda, akademisi, pengusaha kecil dan menengah, serta profesional.

Majalah Entrepreneur Indonesia memiliki misi untuk menyebarkan semangat entrepreneurship bagi generasi muda, menginformasikan peluang-peluang usaha potensial, serta mengupas profil usaha kecil dan menengah.

Menjelang Tahun 2004, Majalah EI tampil dengan format baru, halaman baru, dan program-program baru.


21. http://www.bdskliknet.com


22. http://www.parul-led.or.id


23. http://www.rpi.edu

Simon Balint, Rensselaer Incubator Program

1223 Peoples Ave. Troy, NY 12180 USA

Phone: (518) 276-6658, Fax: (518) 276-6380 e-mail: balins@rpi.edu

Situs ini milik Rensselaer Incubator Program (RPI) yang memberikan proses pendidikan melalui laboraturium lingkungan dengan dukungan perusahaan yang berteknologi tinggi.

Tipe laboraturium ini tidak dapat diduplikasi dalam format akademik. Namun hal ini bergantung pada inovasi ide, saran dari ilmuwan, para ahli di bidang teknik dan manajemen juga aspek Sumber Daya Manusianya. Ide dan SDM berasal dari universitas.

Akhirnya RPI menstimulus program pertumbuhan ekonomi daerah dan negara dengan menjaga kelanjutan teknologi tinggi dari perusahaan.Sejak itulah misi dari RPI adalah memberikan dukungan pada ide-ide baru.

Misi besar itu tercermin dalam tiga tujuan utama, yaitu :

  • Memperkaya lingkungan akademik

  • Transfer dan komersialisasi teknologi

  • Pengembangan ekonomi daerah

Motivasi utama program inkubasi ini adalah pengayaan lingkungan akademik dengan memberikan pengalaman bagi mahasiswa dan fakultas.

Bagi mereka incubator berperan sebagai Laboraturium hidup dimana ide dibangun di dalam kelas dan pusat riset yang dapat diuji coba di lingkungan dalam kehidupan nyata.

Disisi lain sebagai konsultan, karyawan paruh waktu atau pemimpin usaha bagi perusahaan mereka sendiri, mahasiswa dan fakultas dihadapkan pada tantangan komersialisasi dan industri sehingga dapat mendukung program akademik.

Pada saat yang sama akan membantu dunia usaha dalam mengembangkan aspek-aspek bisnis berdasarkan riset dan eksperimen yang baik.


24. http://www.nbia.org

National Business Incubation Association (NBIA) adalah pemimpin organisasi inkubasi bisnis dan kewirausahaan.

Organisasi ini didirikan oleh ribuan professional dengan keahlian di bidang informasi, pendidikan, advokasi dan sumber-sumber jaringan untuk mendapatkan proses yang baik bagi proses asistensi untuk usaha yang baru mulai pada tahap awal di seluruh dunia.Assosiasi ini merupakan komposisi dari developer dan manajer incubator, spesialis dalam teknologi yang komersil, pendidik dan professional asisten bisnis juga termasuk didalamnya.

Misi organisasi ini untuk membuat training dan semacam clearinghouse untuk informasi bagi manajemen incubator dan membangun isu dan perlengkapan untuk asistensi memulai dan membangun perusahaan.

Selama setahun, NBIA melakukan aktivitas pengembangan dan spesialisasi training untuk membantu professional asisten bisnis membuat dan mengadminstrasi program inkubasi yang efektif. NBIA juga melakukan riset, membuat statistic dan mempublikasikan bagaimana menangani program yang efektif. Assosiasi ini juga mengundang anggota legislative yang relevan dan memanfaatkannya sebagai pembicara dalam masalah legal formal.

Organisasi ini juga membangun mitra dengan sector swasta dan sector public untuk mengembangkan industri terutama anggota NBIA.

NBIA merupakan lembaga swasta, nonprofit keanggotaan organisasi di Athens, Ohio. 15 anggotanya dipilih melalui voting dewan direksi merepresentasikan pemeimpin di masing-masing asosiasi inkubasi pemerintah.

Tujuan NBIA antara lain :

  • Menyediakan informasi, riset and sumber-sumber jaringan untuk membantu anggota membangun dan mengatur bisnis yang sukses melalui program inkubasi bisnis.

  • Memonitor dan menyediakan informasi tentang pengembangan industri, tren dan best practices.

  • Menginformasikan dan memberikan pendidikan bagi pemimpin, pendukung potensial dan berbagai pihak yang mempunyai pengaruh yang besar pada inkubasi bisnis.

  • Membangun kepedulian public dari inkubasi bisnis sebagai sarana pengembangan bisnis yang bernilai.

  • Melakukan ekspansi kapasitas untuk membuat sumber-sumber yang bernilai untuk anggota dan mitra.

  • Menggalang dan merepresentasikan semua segmen dari industri inkubasi bisnis.

  • Menberikan value kepada anggota.


25. http://www.incubator.com

Incubator.com adalah situs komunitas inkubator, pencari dana dan investor.

Situs ini merupakan proyek dari Rensselaer Incubator – salah satu incubator terdepan di dunia selama lebih kurang 22 tahun.incubator.com mempunyai misi untuk mempromosikan inkubator dan pencari dana dari seluruh dunia. Lembaga ini telah menjalin kerjasama dengan para investor, inkubator dan pencari dana dari seluruh berbagai macam kriteria.

Dengan cara ini dijaring lembaga-lembaga yang mempunyai kapabilitas serta potensial untuk menghubungkan kepada investor dan mengembangkan bisnis tambah meningkat secara dramatis.

Sebagai lembaga non profit, incubator.com menerima sponsorsip dari berbagai macam institusi seperti Deutsche Bank dan Rensselaer Polytechnic Institute.

The Venture Bplan series is Tech Valley’s premier monthly venture forum. Each month, two start-up technology ventures are invited from across the region to present their business plans and financial needs before a panel of investors and a general audience. The events attract an audience of a hundred or more attendees each month, including investors, entreprenuers, students, faculty, and members of the business community.Center for Economic Growth and Incubator Staff take presenting companies through a rigorous coaching process before the event. Businesses at the beginning of the equity fund raising process are especially encouraged to become involved. A panel of professional investors provide questions and feedback on the presentations as do a formal group of area consultants after the event. Presenting companies are invited to apply to the Tech Vally Angel Network forum at half off the usual application fee. Of the 55 companies that have presented to date, 19 have subsequently received equity funding. Total funding received by presenting companies exceeds $30 million.

For more information or to find out how to be a presenting company contact Simon Balint via e-mail at balins@rpi.edu or via phone at 518-276-2807.


26. http://www.jica.or.id

Situs ini milik Japan International Cooperation Agency (JICA) sebuah organisasi pemerintah Jepang yang menyediakan bantuan teknis dan hibah ke Indonesia. JICA mempunyai program untuk mempromosikan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.Selain promosi, JICA juga memberikan bantuan dalam pengembangan UKM untuk merevitalisasi industri kecil di Indonesia. Dalam hal ini JICA mengimplementasikan program memberikan hasil dan efek yang besar pada sector swasta.

Salah satu program yang sudah berjalan adalah 9 program training yang telah diimplementasikan untuk mendukung UKM Indonesia (6 untuk manajer operasi UKM dan 3 untuk konsultan manajemen yang bekerja untuk UKM) pada tahun 1998. Kelompok kursus dan training juga diselenggarakan di Jepang pada awal tahun 1999 yang difokuskan juga untuk UKM.

Beberapa ahli dari JICA juga membantu program kementrian di Indonesia seperti Kementrian Industri dan Perdagangan, Kementrian Koperasi dan UKM untuk memberikan saran bagi kebijakan mengenai promosi UKM di Indonesia. Beberapa proyek program kerjasama teknis juga telah diimplementasikan yang secara langsung memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan UKM di Indonesia.


27. http://www.sme.ne.jp

Situs ini milik Small and Medium Enterprise Information of Japan, yang memberikan panduan untuk pengunjung situs untuk mendapatkan informasi mengenai Usaha Kecil dan Menengah di Jepang.

Informasi yang tersedia dapat berupa informasi dalam bentuk Pusat Informasi Regional atau Regional Information Centers (RIC).Dalam situs ini juga terdapat informasi mengenai kebijakan mengenai UKM di Jepang berupa aplikasi di lapangan mengenai praktek-praktek bisnis dari UKM. Informasi mengenai jaringan UKM yang menyediakan informasi tentang profil produk-produk teknologi UKM berdasarkan Pusat Informasi Regional.

Selain itu juga tersedia informasi mengenai teknologi untuk UKM yang sedang berkembang melalui lembaga Pusat Pengembangan Teknik Nasional Jepang. Serta informasi mengenai kebijakan-kebijakan terbaru pemerintah dan perencanaan mengenai UKM dan jaringan organisasi-organisasi UKM terkait baik di Jepang maupun di seluruh dunia.


28. http://www.jasmec.go.jp

Situs ini milik Japan Small and Medium Enterprise Corporation (JASMEC).

JASMEC mempunyai 9 program utama, yaitu :

  1. Mempromosikan bisnis-bisnis modal ventura baru.

  2. Memberikan panduan dan bantuan dana untuk peningkatan proyek-proyek bisnis.

  3. Membuat system asuransi kredit untuk usaha kecil

  4. Membuat system asuransi kredit untuk alat-alat permesinan.

  5. Memberikan training kepada anggota yang tergabung dalam Institut untuk manajemen dan teknologi bagi usaha kecil

  6. Memberikan jasa informasi, peningkatan kemapuan teknis dan dukungan jaringan internasional

  7. Membuat sistem yang saling menguntungkan sesama usaha kecil

  8. Membuat sistem yang saling menguntungkan untuk menghindari kebangkrutan bagi usaha kecil

  9. Mendukung restrukturisasi industri tekstil.

Dalam situs ini juga terdapat informasi mengenai profil organisasi JASMEC, kantor pusat dan kontak informasi, InstitutManajemen dan Teknologi untuk Usaha Kecil dan Menengah juga Pusat pengembangan untuk UKM berserta kantor-kantor cabangnya.


29. http://www.swisscontact.or.id

Swiss Foundation for Technical Cooperation (Swisscontact) adalah organisasi yang secara politis dan denominasi netral didirikan tahun 1959 oleh personal yang berasal dari sektor swasta dan universitas.

Yayasan ini merupakan organisasi non-profit.Tujuannya dari Swisscontact iadalah untuk memberikan kontribusi secara langsung dan terlibat secara langsung dalam perbaikan social dan kondisi ekonomi di Asia, Afrika, Amerika Latin dan Negara-negara Eroea Timur. Penguatan sector swasta dan fasilitasi kepada generasi pekerja yang berkelanjutan untuk pria dan wanita menjadi tujuan utama.

Swisscontact memulai programnya di Indonesia pada tahun 1974 dengan berdirinya Politeknik Mekanik Swiss - ITB (sekarang menjadi Politeknik Manufaktur - POLMAN) di Bandung.

Sejak dimulainya program kerjasama teknis Swisscontact di Indonesia telah dilakukan proyek-proyek seperti proyek:

  • Indonesian-Swiss Ploytechnic (ISPP, Bandung),

  • Pusat pengembangan pendidikan Vokasional (VEDC-Malang),

  • Proyek Pendidikan dan Lingkungan (E&E-Malang),

  • Proyek udara bersih (CAP-Jakarta),

  • Proyek Jasa produksi pembersih (CPS-Jakarta) dan program promosi Usaha Kcil dan Menengah yang terdiri dari Program promosi Usaha Kecil dan Menengah (SMEP-Jakarta),

  • Swiss Program untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia (SPESI-Sumatra) dan Pengembangan bisnis Baden-W├╝rttemberg di Indonesia (BUDBIN-Bandung).

Situs ini memberikan informasi tentang Swisscontact, sebuah kerjasama kemitraan jangka panjang di Indonesia.

Selama lebih kurang dari 25 tahun, Swisscontact telah mendukung pengembangan Indonesia, yang pada awalnya dalam bidang training vokasional melalui beberapa proyek seperti POLMAN (Politeknik Manufaktur Bandung), VEDC Malang (Vocational Education and Development Center), yang telah memberikan manfaat dan reputasi di Indonesia dan maupun secara international.

Selama lebih dari 10 tahun terakhir, Swisscontact telah mengembangkan keahlian dan kompetensi baru dalam bidang promosi untuk Usaha kecil dan Menengah dan komunitas Urban.

Proyek yang berjalan dan inovasi yang dilakukan ditampilkan dalam situs ini.Melalui perusahaan konsultasi, Swisscontact Services Ltd, Zurich, Swisscontact memberikan kompetensinya dalam format konsultasi dan implementasi jasa kepada organisasi donor, seperti World Bank atau International Finance Cooperation, Asian Development Bank sama baiknya seperti pada industri swata.

Melalui situs ini, Swisscontact memberikan kesempatan kepada pengunjung situs untuk dapat berinteraksi secara langsung baik melalui internet, telepon atau surat. Semua masukan akan menjadi pertimbangan yang akan didiskusikan secara institusi sebagai pertimbangan program bagi organisasi Swisscontact.


30. http://www.technopreneurs.net.my

Situs ini adalah situs milik Lembaga Technopreneur Malaysia.

Dalam situs ini terdapat menu mengenai knowledge centre yang berisi informasi mengenai perkembangan pengetahuan mengenai bisnis dan Usaha kecil Menengah.

Dalam situs ini juga terdapat informasi mengenai peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh anggita dan pengunjung situs.Program inkubasi bisnis juga menjadi program yang ditawarkan sebagai kelanjutan dari program pencarian dana bagi mereka yang membutuhkan dana untuk memulai usahanya. Informasi mengenai mitra kerja dan pasar bagi produk-pruduk yang dihasilkan juga tersedia dalam situs ini.

Untuk menambah pengetahuan dan wawasan anggota dan pengunjung tersedia beberapa informasi berita dan tulisan dalam bentuk artikel mengenai bisnis dan Usaha Kecil Menengah. Sebagai pelengkap juga tersedia jaringan antar lembaga technopreneur di seluruh dunia.


31. http://www.bsmenet.org

Resource and Standard Centre

Km 33 Jalan Tutong, Tutong TB1741

Brunei Darussalam

Tel: 673-4-240132 and 240133, Fax: 673-4-240461

Situs ini milik Brunei Darussalam Small and Medium Enterprise (BSME) yang berfungsi sebagai sarana informasi dan jaringan untuk Usaha Kecil Menengah Brunei Darussalam.

Tujuan utama situs ini adalah untuk memfasilitasi pertukaran bisnis yang berhubungan dengan informasi terutama antara sesame anggota APEC dan negara anggota forum ekonomi lainnya.

Situs ini juga menyediakan pendaftaran untuk mengikuti kursus-kursus kewirausahaan yang dilakukan oleh Pusat Pembangunan Usahawan dan Perniagaan Brunei Darussalam.

Selain itu juga program-program kewirausahaan lainnya seperti training, seminar dan workshop berdasarkan jadwal waktu yang telah ditentukan. Program lain seperti peluang bisnis, database bisnis juga menjadi menu pelengkap dalam situs ini.


32. http://www.gin.ipa.go.jp

Situs ini adalah milik organisasi negara G-7 (diantaranya Amerika, Jepang, Jerman, Italia, Inggris dan Prancis) yang dikelola oleh negara Jepang. Situs ini berisi informasi jaringan untuk Usaha Kecil dan Menengah.

Dalam situs ini juga terdaapat informasi mengenai proyek percontohan dan juga promosi untuk pengembangan UKM di negara-negara G7.Selain itu juga terdapat informasi mengenai hasil-hasil konferensi tingkat menteri G7 dan rencana-rencana pertemuan konferensi G7 yang akan datang.

Hal yang sangat penting juga adalah jaringan pemasaran global untuk UKM mulai dari jaringan informasi perdagangan global dan juga peluang-peluang kerjasama bisnis antara anggota sesama anggota negara G7.


33. http://www.entrepreneur.com

Situs ini adalah situs milik majalah Entrepreneur.

Situs ini juga menginformasikan isi dari majalah Entrepreneur yang terdiri dari artikel, konsultasi bisnis, peluang usaha dan informasi terkait dengan bagaimana memulai usaha.Situs ini juga memberikan layanan jasa bisnis, keuangan, sales dan marketing, waralaba dan aspek legal formal dari proses bisnis. Selain itu analisis keuangan dan riset mengenai pasar, kursus gratis secara on-line serta akses untuk pembuatan rencana bisnis.

Dalam situs ini tersedia forum bisnis yang berisi informasi peluang bisnis dan program sponsorsip yang mempertemukan pelaku-pelaku usaha sekaligus sarana menawarkan produk-produk yang mereka punya. Melalui forum ini diharapkan terjadi transaksi bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh pihak sponsor yang telah berpartisipasi.


Sumber : Berbagai sumber, berbagai ebook.

4 Komentar:

Blog anak IT mengatakan...

Wuah! Banyak sekali!? Keren. . .

revolusi income mengatakan...

Thank, Infonya bagus buat refernsi bisnis internet aku,Oh yaa....

Saya ada Ebook bagus buat Anda,
Barangkali bisa bermanfaat Silahkan Anda Download.

Klik Kanan ( Save Target As.....) Link berikut ini :

Metode terbaru Cara hasilkan uang mudah Lewat Pos :

http://www.internetmudah.net46.net/Jadi%20Jutawan%20Dengan%20Bisnis%20Via%20Pos.pdf

Membuat Uang Beranak Pinak secara Mudah,Murah ,dan Halal.

http://www.internetmudah.net46.net/Beternak%20Uang%20di%20Internet.pdf


Sukses Selalu

Salma Fauziah Rahmah mengatakan...

To revolusi income : Terimasih telah menambah pembendaharaan koleksi ebook blog saya ini.

sanspirasi mengatakan...

Ty Infonya,, sangat bermanfaat..
Ditunggu Kunjungan Baliknya!!

Poskan Komentar

Kritik, Saran dan Komentar sahabat semua, sangat kami harapkan dan Komentar yang tidak ada hubungannya dengan topik akan dihapus. Terimakasih.