Kamis, Januari 15, 2009

Biografi Setan dan Ciri umum Setan

Biografi Setan dan Ciri umum Setan

Tulisan ini saya simpan di kategori ebook = Artikel Mentah.

Back to Islam,

Khusus bagi sahabat yang beragama Islam, kali ini saya mencoba mengangkat sebuah postingan yang sangat erat sekali hubungannya dengan Islam kita, yaah.. setelah berhari-hari, atau mungkin berbulan-bulan saya terus-terusan ngerangkum artikel-artikel umum (yang notabene berbau teknologi informasi), maka KHUSUS kali ini tidak ada salahnya dan memang sudah selayaknya saya coba angkat artikel Islami

(tanpa mengurangi rasa hormat kepada sahabat lain yang non muslim - yang juga getol nengok blog saya ini).

Postingan ini saya khususkan sebagai pengingat khususnya bagi diri saya pribadi, umumnya untuk sahabat semua pengunjung setia blog saya ini perihal : Betapa pentingnya untuk kita (khususnya ummat Islam) untuk mengenal seluk-beluk Setan yang senantiasa menggoda manusia sampai Hari Kiamat tiba (mohon maaf untuk sahabat yang Non Muslim, tapi jika berkenan ikut membaca artikel ini... ya... sah-sah saja....).

Jika sahabat adalah baru pertama kali mengunjungi blog saya ini dan merasa aneh dengan adanya postingan seperti ini di blog yang dengan tegasnya menuliskan Visi Misi (seperti ter-pampang di header/atas halaman ini = Arsip Ebook Gratis Bahasa Indonesia, maka silahkan baca ini terlebih dahulu (agar tidak terjadi salah penafsiran).

Bagi sahabat yang berminat Copy-Paste artikel ini, mohon cantumkan link balik menuju blog ini, Trims atas kerjasama dan ke-ikhlasannya. But, saya tidak menyarankan metode copas, karena CopyPaste artikel adalah pelajaran SEO yang pantas dapatin raport merah, tapi kadang saya juga suka copas kok, dikala pikiran lagi suntuk dan malas ngetik, semuanya kembali ke hasrat sahabat semua.


Ok... yang akan coba saya rangkum disini adalah lebih di-fokuskan kepada Biografi Setan dan Ciri umum Setan.

Sumber artikel ini saya peroleh dari berbagai sumber (khususnya dari buku-buku Islami) yang beberapa waktu lalu saya bongkar-bongkar lagi di lemari buku koleksi saya.

Cukup sekian basa-basi dari saya, dan marilah kita masuk ke inti tulisan postingan ini. Selamat menghayati, dan Semoga bermanfaat.


PERIHAL POSTINGAN TENTANG BIOGRAFI SETAN INI, PERLU SAYA TULIS TEBAL-TEBAL BAHWA :

SETAN ADALAH SALAH-SATU DARI JENIS KELUARGA BESAR JIN.

JIN ==>> IBLIS ==>>, kemudian IBLIS terbagi kedalam dua golongan : yaitu Mukkim (Jin Muslim) dan Setan, Iblis (Jin Kafir).

Iblis adalah satu anggota dari masyarakat jin. Dia adalah bapak semua jin, sebagaimana Nabi Adam adalah bapak semua umat manusia. Sebelum Nabi Adam diciptakan, Allah SWT sudah menciptakan Jin/Iblis/Setan, baik Jin maupun Nabi Adam, keduanya diciptakan oleh Allah SWT di Surga (silahkan sahabat buka QS. Al-Hijr ayat 26-27). Namun tidak disebutkan durasi waktu penciptaan Jin sebelum Nabi Adam.

Jin/Iblis/Setan dapat berbentuk ular, kalajengking, kuda, domba, unta, burung dan binatang lainnya. Dan sungguh hebat (Allah SWT sebagai pencipta seluruh makhluk) bahwa Jin juga dapat berwujud manusia.

Setan/Jin memiliki daya untuk bergerak cepat, daya untuk membawa benda yang berat dari satu tempat ke tempat lain dalam sekejap mata. Coba kita ingat-ingat tentang Kisah Nabi Sulaiman dan Ifrit (Roh Jahat yang lebih kuat dibanding setan) dari bangsa Jin yang mampu membawa singgasana Ratu Yaman ke Yerusalem. Tentang kemampuan Jin akan hal ini, silahkan sahabat lihat dalam Al-Qur'an Surah An-Naml [27]: 39.

Jin/Iblis/Setan juga memiliki kemampuan untuk naik ke tempat-tempat yang tinggi (yang berada di luar orbit planet bumi ini) untuk mencari informasi tentang Nasib dan hal-hal yang akan terjadi pada manusia - nah... informasi yang berhasil dicuri oleh Jin/Setan kemudian dijual kepada manusia yang membutuhkannya, seperti kepada tukang-tukang Sihir dan kepada dukun-dukun tukang meramal nasib orang.

Orang yang ingin menerima informasi nasib dari Jin, maka dia harus memenuhi suatu perjanjian yang kuat dan khusus antara setan orang tersebut (tapi itu jaman dulu), Sekarang jika Setan mencoba mengintip informasi dari luar orbit bumi untuk membaca Rencana Buku Harian manusia (maaf, memakai bahasa itu), maka dia (setan) mendapat serangan batu-batu bintang yang dapat menghanguskannya menjadi abu, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an QS. Al-Hijr [15]: 16-18.

Jin/Setan/Iblis juga dapat berjalan secepat ia terbang. Jin berjalan dengan mengenakan satu sandal saja. Maka dari itu, Rasulullah SAW (Nabi Muhammad SAW) menganjurkan agar kita JANGAN berjalan dengan mengenakan satu sandal saja, untuk menghindarkan diri kita dari meniru perbuatan setan. Dalam sekejap mata, Jin dapat berjalan dari tempatnya ke area Kaki Langit. Maksudnya satu kakinya bisa disini (ditempat dia berada) dan kakinya yang satu lagi di kaki langit (ufuk).

Jin/Setan adalah makhluk Allah SWT yang juga akan mati. Mereka juga kawin, beranak pinak, makan, minum seperti makhluk lainnya di alam semesta ini, sahabat bisa lihat keterangan tentang ini dalam Al-Qur'an Surah Ar-Rahman [55]: 26-28. (Wallohu' A'lam). Lihat lengkapnya di bagian Biografi Setan di sebelah bawah postingan ini.

Jin/Setan paling seneng datang berkunjung ke manusia pada waktu matahari terbenam (tapi TETAP bahwa hakikatnya Setan adalah roh jahat yang selalu mengganggu menjerumuskan manusia ke jalan yang sesat di setiap waktu ; untuk jadi temen-nya nanti di NERAKA). Nah, dikarenakan Jin suka datang berkunjung ke manusia pada waktu matahari terbenam, maka kita dianjurkan untuk membawa masuk anak-anak kita kedalam rumah ketika matahari terbenam. Pada saat matahari terbenam ini, kita bahkan dianjurkan untuk menutup pintu-pintu rumah. Disebutkan bahwa Jin tidak dapat membuka pintu rumah yang tertutup pada waktu matahari terbenam ini.

Tahukah sahabat... bahwa Markas besar bangsa Jin/Setan adalah di Laut. Setan yang menjadi pimpinannya memberikan perintah-perintah kepada para prajuritnya untuk menyerbu ke daratan untuk memberikan nasihat kepada manusia supaya melakukan segala bentuk kejahatan.


Ada beberapa perkara/pertanyaan/pembahasan yang sangat menarik menurut saya tentang Setan/Jin yang saya temukan dari berbagai buku-buku yang saya acak-acak ini, yaitu :

1. Mungkinkah Manusia menikah dengan Bangsa Jin/Setan?

Nah, jawabannya adalah : Ya dan tidak. Tergantung pada bagaimana kita memandangnya. Dalam Al-Qur'an (Surah Al-Isra' [17]: 64) disebutkan bahwa Jin dapat berbagi harta dan anak dengan kita. Hadits Rasulullah SAW menegaskan konsep ini ketika beliau mengatakan bahwa : "Bila seseorang mau bersebadan dengan istrinya, hendaknya dia menyebut Nama Allah dan Do'a Khusus ketika akan bersetubuh suami istri. Kalau tidak, maka setan akan masuk dalam saluran air seni si pria dan akan ikut bersebadan dengan si pria".

2. Benarkah hewan dapat melihat Jin/Setan dan Malaikat?

Iya.. bener... Hewan dapat melihat malaikat dan setan. Nah... ketika ayam jantan melihat malaikat, ia-pun (ayam) mulai berkokok, NAMUN... ketika keledai mulai meringkik, berarti ia melihat Jin.

3. Mungkinkah Setan datang dalam mimpi kita?

Mungkin sekali...., Setan dapat datang dalam mimpi kita, banyak orang pernah mengalami mimpi buruk / mimpi yang tidak menyenangkan. Kita musti ingat, bahwa dengan cara seperti ini maka setan berupaya keras mengganggu kita lewat mimpi agar kita menjadi sedih dan parah-nya lagi agar kita mengalami gangguan jiwa. 'Audzubillahiminassyaitoonirrojim. Maka dari itu, kita dianjurkan musti berdo'a sebelum tidur dan membaca ayat al-Kursi serta Surah Al-Falaq dan An-Nas.

4. Benarkah Setan hadir ketika seorang bayi lahir?

Ya...benar.... Ketika seorang bayi lahir, maka pemimpin setan sudah menugaskan setan khusus untuk bertanggungjawab atas bayi yang baru lahir itu. Jin atau setan bertindak sebagai qarin atau qarinah, (teman). Maka dari itu, dalam ajaran Islam, ketika seorang bayi lahir, maka Ayah dari si bayi supaya mengumandangkan adzan ke dekat telinga kanan bayi dan lanjut dengan iqamat ke dekat telinga kiri si bayi.

5. Benarkah Setan hadir selama berlangsungnya persetubuhan badan (suami istri)?

Betul sekali, itulah waktu, tempat, posisi, pertunjukkan yang sangat menarik bagi SETAN. Pada saat itu setan berupaya membisikkan sesuatu kepada kedua pasangan suami istri tersebut untuk melakukan aktivitas yang halal dan haram, dan pada saat itu, pasangan tersebut tidak menyadari situasinya. Maka dari itu, Islam mengajarkan kaum muslimin (suami istri yang hendak bersetubuh) untuk supaya menyelimuti diri, membaca surat Al-Ikhlas, dan membaca do'a khusus yang di ajarkan Rasulullah SAW.

Wallohu'alam...........


Banyak sekali kata Setan (dan varian-variannya = Iblis, Setan, Jin, Majnun, Jinnah, Jann) disebut-sebut dalam Kitab Suci Al-Qur'an, seperti terdapat dalam :

Ayat-ayat tentang Iblis : Al-Baqarah [2]: 34 Al-An'am [6]: 44 Al-A'raf [7]: 11 Al-Hijr [15]: 31, 32 AI-Isra' [17]: 61 Al-Kahf [18]: 50 Thaha [20]: 116 Al-Mu'minun [23]: 77 Asy-Syu'ara' [21]: 95 Ar-Rum [30]: 49 Saba' [34]: 20 Shád [38]: 74, 75 Azh-Zukhruf [43]: 75

Ayat-ayat tentang Setan : Al-Baqarah [2]: 14, 36, 102, 168, 208, 268, 275 Al-Imran [3]: 36, 155, 175 An-Nisa' [4]: 38, 60, 76, 83, 117, 119, 120 Al-Ma'idah [5]: 90, 91 Al-An'am [6]: 43, 68, 71, 112, 121, 142 Al-Anfal [8]: 11, 48 Yusuf [12]: 5, 42, 100 Ibrahim [14]: 22 Ibrahim [14]: 22 Al-Hijr [15]: 17 An-Nahl [16]: 63, 98 Al-Isra' [17]: 27, 53, 64 Al-Kahf [18]: 63 Maryam [19]: 44, 45, 68, 83 Thaha [20]: 120 Al-Anbiya' [21]: 82 Al-Hajj [22 ]: 3, 52, 53 Al-Mu'minun [23]: 97 An-Nur [24]: 21 Al-Furqon [25]: 29 Asy-Syu'ara' [26]: 2l0 An-Naml [27]: 24 Al-Qashash [28]: 15 Al-`Ankabut [29]: 38 Luqman [31]: 21 Fathir [35]: 6 Yaa-Sin [36]: 60 Ash-Shaffat [37]: 7, 65 Shád [38]: 37, 41 Fushshilat [41]: 36 Az-Zukhruf [43]: 36, 62 Muhammad [47]: 25 Al-Mujadilah [58]: 10, 19 Al-Hasyr [59]: 16 Al-Mulk [67]: 5 At-Takwir [81]: 25

Ayat-ayat tentang Jin : Al-An'am [6]: 100, 112, 128, 130 Al-A'raf [7]: 38, 179 Al-Isra' [17]: 88 Al-Kahf [18]: 50 An-Naml [27]: 17, 39 Saba' [34]: 12, 14, 41 Fushshilat [41]: 25, 29 Al-Ahqáf [46]: 18, 29 Adz-Dzariyat [51]: 56 Ar-Rahman [55]: 33 Al-Jin [72]: 1, 5, 6

Ayat-ayat tentang Majnun : Al-Hijr [15]: 6 Asy-Syu`ara [26]: 27 Ash-Shaffat [37]: 36 Ad-Dukhan [44]: 14 Adz-Dzariyat [51]: 39, 52 Ath-Thur [52]: 29 Al-Qamar [54]: 9 Al-Qalam [68]: 2, 51 At-Takwir [81]: 22

Ayat-ayat tentang Jinnah : Al-A'raf [7]: 184 Hud [11]: 119 Al-Mu'minun [23]: 25, 70 As-Sajdah [32]: 13 Saba' [34]: 8, 46 Ash-Sháffát [37]: 158 An-Nas [114]: 6

Ayat-ayat tentang Jánn : Al-Hijr [15]: 27 An-Naml [27]: 10 Al-Qashash [28]: 31 Ar-Rahman [55]: 15, 39, 56, 74


Banyak sekali cerita, kisah dan pengalaman yang diungkapkan oleh banyak orang tentang setan (jin). Sebagian cerita, kisah dan pengalaman pribadi tersebut menakutkan dan mengerikan.

Syaithan (Setan) jika kita lihat dari asal katanya adalah merupakan sebuah kata dari bahasa Arab. Dalam Al-Qur'an, kata Setan disebut-sebut sampai dengan 138 kali dengan beragam bentuk, seperti :

Asy-syaithán Kata ini disebut 68 kali dalam Al-Qur'an yang artinya adalah setan, roh jahat.

Syaithánan Dua kali disebut dalam Al-Qur'an, yang artinya adalah setan yang diam-diam selalu berupaya menjauhkan manusia dari jalan yang lurus.

Asy-syayáthin Disebut 67 kali dalam Al-Qur'an. Kata ini merupakan bentuk jamak dari Asy-syaithán.

Syayátiinihim Sekali disebut dalam Al-Qur'an. Arti kata ini adalah setan-setan atau pemimpin-pemimpin mereka.

Syaitháni Terkadang dikatakan bahwa perbuatan seseorang seperti setan. Dia disebut Syaitháni, yang artinya adalah seperti setan, jahat atau kejam.

Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa setan (jin) diciptakan dari api, dan api itu tak ada asapnya. Api seperti itu amat sangat panas. Allah SWT menyebutkan penciptaan jin yaitu di beberapa surat dalam Al-Qur'an. Sahabat bisa melihatnya di QS. Al-Hijr [15]: 27, QS. Ar-Rahman [55]: 15, QS. Al-A'raf [7]: 12 dan QS. Shad [38]: 76.


BIOGRAFI SETAN :

Nama : Setan bin Iblis; suka menjadi teman dan penasihat bagi setiap manusia.

Tempat Lahir : Ayah setan lahir di surga, dan kemudian turun ke planet bumi ini.

Alamat : Setiap rumah manusia adalah rumahnya, dan setiap kantor manusia adalah kantornya; dia selalu bersama setiap manusia.

Bagaimana Mendekati Setan : Tidak mudah, sahabat harus mempelajari setan dari orang-orang tertentu untuk bisa menangkap mereka, sahabat harus membaca buku-buku tertentu tentang setan, sahabat mesti berjanji untuk menaatinya, mendengar semua nasihat dan perintahnya, kemudian barulah kita dapat melihat atau bertemu setan secara pribadi dalam bentuk seperti yang kita inginkan.

Relokasi : ia selalu siap untuk direlokasi asalkan dia dapat menemukan orang baik yang mau mendengarkan dan menaatinya.

Keberadaan : Dia dapat dihubungi 24 jam setiap hari sepanjang tahun.

Sosok/Rupa : Karena dia tercipta dari asap dan api, maka tidak mudah dilihat. Namun dia dapat tampil dalam wujud manusia, dalam wujud hantu, dalam wujud asap, dalam wujud anjiug hitam, dalam wujud ular, atau dalam wujud yang lainnya.

Dimana dan Kapan Setan dapat ditemui : Dia bisa datang menemui kita kapan saja, dengan atau tanpa janji terlebih dahulu. Dia bisa masuk ke kantor kita, rumah kita, kamar tidur kita, kamar mandi kita, dan sebagainya, tanpa permisi. Dia selalu melihat kita, sedangkan kita tidak menyadarinya.

Pengalaman Bepergian : Dia dapat bepergian ke mana saja di dunia ini. Waktu yang dibutuhkan hanyalah beberapa detik saja. Kaki kirinya siap melayani atau ada di tangan kita, sedangkan kaki kanannya ada di cakrawala (kaki langit, ufuk).

Kecakapan Menjual : Dia bekerja sebagai tenaga penjualan yang bekerja untuk bosnya. Komisi adalah upah yang akan diterimanya. Dia perlu menjual barang dagangannya.

Negosiator Ulung : Dia adalah juru runding terbaik dalam berurusan dengan siapa pun. Dia mendatangi kliennya, lalu merayunya agar mau membeli barang dagangan vang ditawarkannya. Dia mendatangi manusia dari kanan maupun dari kiri, dari depan maupun dari belakang. Dia berpengalaman menghadapi setiap manusia, laki-laki atau perempuan, muda usia atau lanjut usia, berpendidikan atau tidak berpendidikan, beragama atau tidak, dan bahkan penjahat atau orang baik-baik.

Bahasa : Dia tahu semua bahasa yang ada di dunia ini. Dia fasih berbahasa apa saja. Dia dapat membaca, memahami, berbicara, dan berkomunikasi tanpa menggunakan aksen asing. Para kliennya sadar bahwa dia adalah bagian dari mereka dalam setiap segi kehidupan: budaya, adat, kebiasaan, agama, dan sebagainya.

Makanan : Dia tidak meminta pengorbanan uang dari siapa pun untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Dia akan berbagi pangan dengan manusia sekalipun manusia sama sekali tak dapat melihatnya. Dia doyan makan apa saja, tak peduli dengan rasanya, aroma atau jenis menunya. Dia suka makan makanan apa saja, entah makanan tersebut oleh manusia dipandang halal atau haram. Dia minum apa saja. Waktu makannya adalah ketika manusia makan, terutama kalau manusia lupa menyebut Nama Allah ketika mau makan. Jika dia (setan) belum kenyang, maka dia akan makan kotoran hewan dan tulang-belulang yang dibuang ke tempat sampah.

Dagangan : Karena merupakan makhluk yang ahli menjual barang dagangan, dia dapat menjual apa saja kepada siapa saja. Barang dagangannya terlalu banyak untuk disebutkan. Di pasar swalayan dan di toko, dijual segala jenis barang. Setan tidak membedakan mana barang yang halal dan mana yang haram. Setan sibuk merayu manusia. Setan dan keturunannya piawai di bidang ini. Di planet ini, tak ada makhluk yang dapat menandingi setan. Setan dapat memperagakan penggunaan barang dagangan apa pun, dan dia membolehkan barang dagangannya untuk dicoba dahulu sebelum membelinya, atau bahkan setan bersedia menyewakannya.


CIRI-CIRI UMUM SETAN

  1. Dia suka menyelinap. Dia dekat sekali dengan orang-orang yang lupa Allah, dengan orang-orang yang tidak shalat, dengan orang-orang yang tidak puasa, dan dengan orang-orang yang tidak membaca Al-Qur'an. Dia bahkan berupaya keras untuk dekat dengan orang-orang yang beriman, dengan orang-orang yang shalat, puasa, dan membaca Al-Qur'an.

  2. Sebagai penyelinap, dia berupaya mengacaukan pikiran mereka (manusia), merintangi jangan sampai mereka mengerti, berbisik-bisik kepada mereka yang tengah menjalankan kewajiban agama.

  3. Karena setan itu tukang menyelinap, maka manusia tak perlu melihatnya atau tak perlu merasakan kehadirannya. Maka dari itu, setan dapat berbicara kepada manusia. Manusia tidak menyadari bahwa dirinya tengah berbicara dengan setan. Karena itu, setan suka berkomunikasi dengan manusia mengenai berbagai masalah, dan dengan beragam tingkatan.

  4. Setan berupaya agar manusia sibuk dengan dunia fana ini, agar manusia menyukai kemewahan kehidupan ini, agar manusia bekerja keras untuk hidup enak dengan menggunakan setiap jalan yang ada. Setan berupaya memberikan jawaban terbaik kepada manusia mengenai pertanyaan-pertanyaan manusia.

  5. Setan berupaya keras agar manusia tahu bahwa segala yang ada di dunia ini adalah halal. Tak ada yang namanya haram. Allah menghalalkan segala sesuatu yang diciptakan-Nya. Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Pengampun, Maha Pemurah. Setan akan meyakinkan siapa saja dengan menggunakan Nama-nama Allah.

  6. Setan akan berupaya keras agar manusia tidak merasa takut dengan hukuman pedih Allah. Setan akan meyakinkan manusia bahwa Allah tak akan pernah menghukum manusia sepanjang manusia beriman kepada-Nya. Lakukan apa saja yang kamu mau, maka Allah akan mengampunimu, dan Allah akan peduli kepadamu karena kamu percaya bahwa Dia Maha Pengasih lagi Penyayang.

  7. Setan tahu cara membujuk manusia agar mau minum segala macam minuman ber-alkohol, agar mau makan segala jenis produk makanan, agar mau berdansa dan bergaul bebas dengan lawan jenis, agar mau bersetubuh di luar nikah, agar mau memperkosa, agar mau berjudi, mencuri, berdusta, mengutuk, membunuh, dan melakukan perbuatan dosa lainnya.

  8. Setan tahu cara meyakinkan manusia sehingga manusia mau melakukan aktivitas-aktivitas dosa ini. Setan berupaya keras agar manusia memandang aktivitas-aktivitas dosa ini sebagai aktivitas yang halal. Orang-orang yang mengatakan bahwa aktivitas-aktivitas seperti itu haram, maka sesungguhnya mereka tidak tahu apa yang tengah mereka bicarakan. Mereka tidak tahu cara menikmati hidup. Mereka tidak sadar bahwa ada yang hilang dari diri mereka. Mereka yang mengatakan bahwa aktivitas-aktivitas seperti itu haram, maka sesungguhnya mereka itu hanya membuat terminologi (istilah) untuk melarang orang menikmati hidup. Padahal manusia perlu menikmati hidup ini sepuas mungkin. Tak ada orang yang boleh mencegah orang lain memperturutkan hawa nafsunya. Karena Allah menciptakan dunia ini beserta kenikmatannya, maka orang tak boleh mencegah dirinya untuk menikmati kenikmatan kehidupan ini (BEGITULAH salah-satu YANG SELALU DI-BISIKKAN SETAN KEPADA MANUSIA).

  9. Karena setan itu tukang menyelinap, maka dia akan berupaya keras untuk menjauhkan manusia dari jalan kebenaran. Setan adalah penyelinap dan sekaligus musuh bagi manusia. Karena itu, dianjurkan jangan dengarkan apa kata setan. Kalau seorang mukmin rnendapat serangan dari atau didekati oleh setan si penyelinap itu, hendaknya dia membaca : "'A'uu dzubillahi minassyaithoonirrojiim" = Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.


Apabila ada kesalahan dalam merangkum artikel ini, baik kesalahan pengetikan pun kesalahan karena masih minimnya Ilmu Agama Islam yang ada dalam diri saya ini, maka dengan ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya masih ingat betul moto situs http://www.ilmukomputer.com DULU-kalau saya tak salah, yaitu "IKATLAH ILMU DENGAN MENULISKANNYA",

Iya juga khan...?!, karena manusia terkadang lupa dan salah (ini sesuai dengan Hadits Rasulullah SAW.).

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

1 Komentar:

Anonim mengatakan...

Wahhhh bgus bgt artikel nya,aku suka..

Poskan Komentar

Kritik, Saran dan Komentar sahabat semua, sangat kami harapkan dan Komentar yang tidak ada hubungannya dengan topik akan dihapus. Terimakasih.